Share |

Inilah Alasan KPSI mengapa Penyatuan Liga Dilakukan pada 2015

Perwakilan KPSI di Joint Committee, Joko Driyono mengungkapkan alasan mengapa pihaknya bersikeras untuk menyetujui penyatuan liga pada tahun 2015.

Menurut Joko, hal itu tak terlepas dari proses panjang yang harus ditempuh dalam menyatukan liga, termasuk mengevaluasi kompetisi sebelumnya dan penyusunan konsep kompetisi yang lebih berkualitas. 

"Kita mengingatkan kembali bahwa kita perlu mengevaluasi kompetisi sebelumnya dan baru kemudian membuat liga yg baru," ujar Joko kepada wartawan, Jumat (21/9/2012) malam WIB.

"Prosesnya akan memakan waktu lama. Bagaimana menyusun konsep, jumlah dari kedua kompetisi kan banyak, lalu siapa-siapa yang memang layak tampil di kompetisi teratas," papar CEO PT Liga ini.

Menurut Joko, bila membuat penyatuan kompetisi hanya dengan mengusung semangat rekonsiliasi, maka yang terjadi penyatuan hanyalah formalitas yang ada tanpa mempertimbangkan klub-klub yang sebenarnya sejak awal pantas menghuni divisi teratas.

"Maka tentu harus disesuaikan siapa klub yang akan mengisi 18 atau 20 kuota di kompetisi di divisi teratas. Tentu dibutuhkan verifikasi, termasuk dari segi profesionalisme dan syarat-syarat lain. Membangun itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar," bebernya.

"Ada reformasi piramida kompetisi. Bila hanya dengan semangat rekonsiliasi, kita tidak bisa berbicara kualitas dan profesionalisme. Karena kita ingin level kompetisi nanti ketika disatukan akan lebih tinggi. Jadi, klub-klub mempersiapkan diri mereka hingga akhirnya layak tampil di divisi teratas pada tahun 2015," sambungnya.

Joko juga menghindari adanya ketergantungan kompetisi kepada investor yang akhirnya malah membuat kompetisi tidak berjalan dengan maksimal. Dia ingin  kompetisi yang didukung oleh sponsor dan liga  tidak berhenti di tengah jalan.

"Olahraga juga tidak boleh dikendalikan oleh investor. Lihat bagaimana ketika Liga Primer Indonesia masih menjadi break away league, mereka hanya berjalan setengah musim," tutupnya. (min)
Share on Google Plus

About 12paz