Share |

Komite Wasit ISL Gelar Rapat Tertutup

Komite Wasit PT Liga Indonesia mengadakan pertemuan tertutup, Rabu, 4 Mei 2012. Langkah ini merupakan buntut dari maraknya aksi protes terhadap kepemimpinan wasit yang memimpin pertandingan Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12 akhir-akhir ini.

Salah seorang anggota Komite Wasit, Purwanto mengatakan, ada tiga keputusan penting yang dihasilkan lewat pertemuan itu. Salah satunya adalah rencana PT Liga Indonesia mengumpulkan para pengadil lapangan yang tak bertugas pada Senin depan, 7 Mei 2012.

"Jumlahnya saya tidak tahu pasti. Rencananya akan ada pengawas wasit yang elemennya dari struktur pengawas," kata Purwanto.

Poin penting lainnya adalah terkait sistem promosi dan degradasi wasit. Menurut Purwanto sistem ini tidak perlu lagi menunggu setahun. "Kalau wasit tersebut bagus bisa langsung dipromosikan. Begitu juga sebaliknya. Ini terobosan bagus," kata Purwanto.

Belakangan ini aksi protes terhadap keputusan wasit pada laga ISL marak terjadi. Beberapa di antaranya bahkan berujung kepada pemukulan dan penghinaan secara verbal kepada pengadil lapangan.

Menanggapi situasi ini, Purwanto mengatakan bahwa pihaknya selama ini berusaha fair dalam menilai keputusan wasit. Menurutnya, bila wasit terbukti melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan di lapangan maka yang bersangkutan untuk sementara dibebastugaskan.

"Kami tetap terbuka. Kalau wasitnya salah tetap kami parkir. Tidak perlu menunggu protes. Namun siapa wasit yang bersalah tidak boleh kami ekspos. Ini sesuai aturan FIFA," ujar Purwanto.

"Kami menghukum juga ada alasannya. Sesama wasit, kami juga saling berkomunikasi. Salahnya di mana, mengapa bisa salah. Agar semua wasit bisa saling menyadarinya," sambung Purwanto.

Purwanto memastikan bahwa ada beberapa wasit yang sudah diparkir karena melakukan kesalahan di lapangan. Meski demikian, menurut Purwanto, apapun keputusan yang sudah dikeluarkan wasit di setiap laga adalah bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

"Sejeleknya-jeleknya pemimpin pertandingan lebih jelek jika pertandingan itu tidak ada pemimpinnya. Keputusan wasit harus dihormati dan tidak bisa dirubah, sepahit apapun putusan itu." (eh)
Share on Google Plus

About 12paz