Share |

Sriwijaya vs Persik : Spirit Ganda


Sriwijaya FC merupakan tim tak terkalahkan di kandang pada laga Indonesia Super League (ISL) musim 2009-2010 ini. Mengahadapi Persik Kediri, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, (23/1) sore nanti pukul 15.30 WIB, Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) bertekad untuk tetap mempertahankan gelar ini.
Menghadapi Macan Putih (julukan Persik), tim besutan Rahmad Darmawan ini mempunyai spirit ganda. Ya, selain akan bermain di hadapan puluhan ribuan Sriwijaya Mania, Charis Yulianto dan kawan-kawan ingin memetik poin penuh untuk menebus kegagalan meraup poin pada tur Kalimantan. Yakni kalah 0-1 dari Persisam (16/1) dan 1-3 dari Bontang FC (19/1).
“Kami harus bisa memetik poin pada pertandingan nanti. Sebab, pertandingan ini menjadi salah satu penentu peringkat kami pada klasemen sementara. Jadi, kami tidak boleh menyia-nyiakan laga ini,” kata pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, kemarin usai latihan, (22/1).
Spirit Sriwijaya semakin mengganda setelah dua pilar Sriwijaya FC siap diturunkan. Ya, kiper andalan Laskar Sriwijaya, Ferry Rotinsulu, yang sempat dibekap cedera lengan sudah bisa diturunkan. Pun demikian dengan defender asing Asia, Precious Emuejeraye yang harus absen melawan Bontang FC, (19/1) lantaran terkena akumulasi kartu juga sudah siap diturunkan. “Semua pemain sudah siap diturunkan. Termasuk Ferry Rotinsulu dan Precious. Sehingga menghadapi Persik nanti (23/1) tidak ada masalah,” lanjut mantan pelatih Persija Jakarta ini.
Dari faktor non-teknis, faktor untuk menang Kieth Kayamba Gumbs dan kawan-kawan semakin gila-gilaan. Ini setelah manajemen menempati janji membayar tunggakan gaji yang sebelumnya menjadi polemik besar di tubuh Sriwijaya. Kemarin, (22/1) manajemen melunasi gaji pemain dan bonus Copa Indonesia serta sisa down payment (DP) pemain.
Dilihat dari head to head Laskar Sriwijaya juga masih diunggulkan. Ya, dari empat laga terakhir, anak asuh Rahmad Darmawan mampu memenangkan dua laga. Yakni, menang 5-0 pada laga Divisi Utama (26/12/07), dan mampu menekuk Persik 2-1 pada laga ISL (16/2/09) lalu. Sedangkan sisanya, seri yakni, mampu menahan 2-2 pada laga ISL (23/10/08) lalu, dan kalah 0-1 pada laga Divisi Utama (10/2/07).
Tapi, Coach Rahmad Darmawan tidak mau jumawa dengan keterpihakan kepada timnya. Pelatih asal Metro Lampung ini tetap menginstruksikan anak asuhnya untuk tetap bermain maksimal dan konsentrasi penuh saat menjamu Persik Kediri.
”Kami tidak boleh menganggap remeh Persik. Sebab, mereka adalah tim yang bagus dan konsisten. Terbukti, mereka mampu mendapatkan poin saat di kandang. Apalagi mereka mempunyai permainan cepat dan serangan baliknya sangat membahayakan pertahanan kami,” lanjutnya.
Sriwijaya sendiri tidak akan bermain full team. Sebab, tiga pilar terbaik Sriwijaya di pastikan absen. Ketiganya adalah Isnan Ali (cedera), Oktavianus (cedera) dan Ambrizal (akumulasi kartu).
”Ya, Oktavianus dan Isnan kemungkinan besar masih belum bisa kami turunkan. Sedangkan Ambrizal sudah pasti kami istirahatkan karena terkena akumulasi. Tapi, kami sudah menyiapkan pengganti ketiganya. Seperti Nasuha bisa diplot mengantikan Ambrizal atau Isnan Ali, kita lihat saja nanti,” tambahnya.
Tapi, dari kubu Persik tetap yakin bisa mengimbangi permainan cepat Sriwijaya. Tim asuhan Gusnul Yakin akan menggila paska kalah di kandang 0-1 dari Arema Indonesia (20/1). Praktis, Patricio Morales dan kawan-kawan ingin membalasnya dengan mengalahkan Sriwijaya.
”Kami akan bermain maksimal saat melawan Sriwijaya nanti (23/1). Kami harus memetik poin minimal satu. Sebab, ini untuk memperbaiki posisi kami di klasemen,” kata pelatih Persik Kediri, Gusnul Yakin.
Kehilangan Saktiawan Sinaga (akumulasi) dan Reswandi Sumaji (cedera) tidak menyurutkan permainan Macan Putih. Sebab, di lini depan, Gusnul Yakin masih mempunyai dua penyerang yang berbahaya, seperti Yongki Ariwibowo dan Patricio Morales. ”Dengan absenya Saktiawan tidak begitu berpengaruh bagi kami. Sebab, kami masih mempunyai striker yang bagus, seperti Patricio Morales dan Yongki,” pungkasnya. (mg43)


Head to Head Sriwijaya v Persik Kediri
16-02-2009 Sriwijaya FC v Persik: 2 – 1 (ISL)
23-10-2008 Persik v Sriwijaya F: 2-2 (ISL)
26-12-2007 Sriwijaya v Persik: 5-0 (Divisi Utama)
10-02-2007 Persik v Sriwijaya: 1-0 (Divisi Utama)
Share on Google Plus

About 12paz