Share |

Mantan Pemain Persipura , Sony Papara Meninggal


Mantan pemain Persipura di era 2000an, Sony “Gareng” Papara menghembuskan nafas terakhirnya Rabu malam (2/6) di kediamannya di Hamadi. Menurut pihak keluarga, Sony meninggal akibat sakit paru-paru yang diderita selama setahun belakangan. Pemain yang sempat membela Persikabo, Semen Padang, Persijap Jepara dan Persitara Jakarta Utara ini sempat menjadi pemain pilihan utama pelatih Persipura kala itu.
Kapten Persipura Eduard Ivakdalam pun mengakui kemampuan almarhum saat bermain dalam satu tim. Menurut Edu sosok Sony adalah pemain yang tidak banyak tingkah, selalu patuh terhadap isntruksi yang diberikan dan termasuk pemain yang memiliki semangat juang tinggi.
“Saat itu dia sempat masuk dalam PON Papua XV tapi juga bergabung ke Persipura, sekalipun ia pemain muda namun tenaganya sangat dibutuhkan oleh Persipura saat itu,” bilang Edu. Dengan apa yang sudah ditunjukkan, tak jarang Sony masuk dalam skuad inti.
Pemain dengan nomor punggung 15 ini memang memiliki peran yang dibutuhkan tim kala itu. Dengan kepemimpinan Rudy Keltjes, mental Sony semakin terbentuk menjadi pemain professional. Bahkan dengan kemampuannya ia sempat diperebutkan oleh Persela Lamongan dan Persijap Jepara, namun almarhum lebih memilih untuk bergabung dengan Persijap.
Kenangan lain disampaikan rekan almarhum, Jack Komboy. Seingatnya Sony merupakan pemain yang suka bercanda dan supel dalam bergaul. Namun ketika sudah bermain maka yang terlihat adalah keseriusan penuh. “Jujur saya pribadi merasa kehilangan sekali, ia bisa saja sebut sebagai adik maupun teman sehati, ia mudah bergaul tapi kadang sangat serius,” kenang Jack.
Anggota DPR Papua ini mengatakan almarhum termasuk pemain yang disebut sebagai pemain yang tak punya jantung, karena tak pernah berhenti berlari. “Ia kalau main itu seperti apa saja, lari kesana kemari dan tak kenal lelah sampai kami heran apakah orang ini punya jantung atau tidak,” tutur Jack.
Beberapa pemain Persipura juga hadir di rumah duka diantaranya, Eduard Ivakdalam, Ortisan Solossa, Paulo Rumere, David Uron, Mettu Duaramuri dan Ellie Aiboy serta beberapa mantan pemain lainnya. (ade/wen)
Share on Google Plus

About 12paz