Share |

Psis vs gresik United : Matikan Chena


Perjalanan Gresik United (GU) di pentas Divisi Utama 2009-2010 dimulai hari ini (24/11). Anak asuh Sasi Kirono tersebut akan menantang tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Jatidiri sore ini.

Laskar Joko Samudro -julukan GU- harus bekerja keras untuk memetik poin. Sebab, PSIS diperkuat beberapa pemain yang pernah terjun di Indonesia Super League (ISL). Di antaranya, Lexe Anderson, Suwita Pata, Imral Usman, dan Gustavo Chena.

"Pemain-pemain PSIS memang kaya pengalaman. Tapi, kami tak minder menghadapi mereka," kata pelatih GU Sasi Kirono kemarin (24/11).

Dia memiliki strategi jitu untuk mengatasi lawan. Namun, dia enggan membocorkannya. "Yang pasti, kami akan mematikan gerak pengatur permainan PSIS Gustavo Chena," ucap Sasi.

Kubu PSIS mengatakan, saat ini mereka sangat tertekan. Sebab, mereka menuai hasil buruk pada beberapa uji coba dalam dua bulan terakhir. Mental para pemain benar-benar diuji dalam laga perdana sore ini.

"Kemenangan adalah harga mati. Apalagi, ini partai kandang. Ini pembuktian PSIS," tutur Setyo Agung Nugroho, manajer PSIS.

Dalam turnamen Piala Kampoeng Semawis bulan lalu, meski PSIS menang adu penalti atas PPSM Magelang dan unggul 1-0 atas Persibo Bojonegoro, ribuan pendukung PSIS kecewa atas performa Mahesa Jenar (julukan PSIS). Sebab, permainan PSIS dinilai tak berkarakter meski menang dengan susah payah.

Pelatih PSIS Ahmad Muhariah pun digoyang. Bahkan, manajemen menunjuk pelatih Persik Kendal Firmandoyo sebagai penasihat teknis. Penggemar PSIS makin ragu ketika PSIS meraup hasil jeblok dalam laga uji coba di luar kandang. PSIS dikalahkan PSS 1-4 dan PSIM 0-2 dalam uji coba di Jogjakarta. Selanjutnya, sepekan lalu, giliran tim ISL Persijap menggulung PSIS 3-1 di Jepara.

Agung memahami keraguan publik Semarang. Namun, menurut dia, manajemen tak tinggal diam. Evaluasi mendalam dan sikap tegas diambil. Pekan lalu, dua pemain, Restu Kartiko dan Sapto Widiyantoro, dicoret karena dianggap tak berkontribusi. Sedangkan enam pemain lain mendapatkan peringatan keras. Yakni, Abraham Tobias, Valentino, Vava Ardila, Taufik Salafudin, serta kiper Basuki dan Gesang.

"Dalam latihan sepekan terakhir, ada progres positif. Saya harap, di laga perdana nanti para pemain mampu menunjukkan semangat juang yang tinggi dan profesionalitas," tegas Agung.

Sementara, Ahmad Muhariah mengaku buta dengan GU. Namun, menurut dia, lawannya tersebut bukan lawan yang bisa dianggap enteng.

Selain persiapannya relatif lebih lama dibanding PSIS, tim dari Kota Pudak ini juga punya pemain-pemain bagus. (aam/smu/jpnn/diq)

PERKIRAAN PEMAIN:

PSIS (3-5-2): Catur Adi (g), Herry Susilo, Eko Pujianto, Anderson Lexe, Deni Rumba, Safri Umri, Gustavo Chena, Abraham Tobias, Suwita Pata, Cristiano Lopes, Imral Usman.

Pelatih: Ahmad Muhariah

GU (4-4-2): Usman Pribadi (g), Heri Purnomo, Bernard Mamadou, Dedi Indra, Feri Hadi, Onambele Basile, Ian Bastian Faristian, Fahroni, Basuki, Angel Ebus.

Pelatih: Sasi Kirono
Share on Google Plus

About 12paz