Share |

Persib vs Persiba : Optimis Tuntaskan Dendam


Persib Bandung optimistis mampu menuntaskan dendamnya saat menjamu Persiba Balikpapan pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012, di Stadion Siliwangi, Minggu (15/4). Selain itu, poin penuh dibutuhkan untuk mengembalikan posisi Persib ke empat besar klasemen sementara LSI, yang direbut Persija Jakarta setelah mengalahkan PSMS Medan 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (14/4).Tanpa diperkuat Miljan Radovic yang harus absen akibat sanksi kartu merah, Asisten Pelatih Persib Bandung, Robby Darwis telah menyiapkan Marcio Souza. Dengan hadirnya Marcio yang diplot sebagai penyerang lubang, Persib dipastikan bakal tampil lebih menyerang. Terlebih di depan selain Marcio bakal diturunkan Noh Alam Shah dan Aliyudin.

Pada sesi uji coba lapangan memang tidak diikuti Marcio. Ia absen karena harus menemani istrinya yang tengah dirawat di rumah sakit. Tetapi, Robby tetap memastikan satu tempat untuk mantan striker Arema Indonesia ini.

Di luar itu, Robby telah mewanti-wanti anak asuhnya agar bermain lebih sabar dibandingkan laga sebelumnya melawan Gresik United. Pada laga terdahulu, banyak peluang Persib yang terbuang percuma karena para pemainnya terburu-buru dalam penyelesaian akhir.

"Kita harus lebih sabar. Jangan sampai peluang terbuang percuma," kata Robby di Mes Persib, Jln. Ahmad Yani, Sabtu (14/4).

Tekad tampil menyerang karena lini belakang Persib dipastikan cukup bisa diandalkan. Dua pemain yang sebelumnya absen, Maman Abdurahman dan Abanda Herman dipastikan bakal kembali tampil. Keduanya bakal dibantu M. Nasuha di kiri dan Tony Sucipto di kanan.

"Sekarang tidak khawatir lagi. Prinsipnya kalau ada mereka (Maman dan Abanda, red), kita lebih komplet di belakang, lebih tenang," kata Robby.

Jangan terulang

Selain meminta lebih sabar, Robby juga meminta agar anak asuhnya bisa lebih mengontrol emosi. Kasus kartu merah atau insiden pemukulan di laga melawan Gresik United dilarang keras untuk kembali terjadi di laga nanti.

"Sehebat apa pun skill kalau emosi sudah terpancing akan sulit. Pengalaman terakhir benar-benar jadi pengalaman buat kita," katanya.

Disinggung tentang kekuatan calon lawannya, Robby menilai Persiba tidak banyak mengalami perubahan seperti saat menghadapi Persib di putaran I lalu. Namun kali ini, Persiba memiliki modal yang cukup kuat setelah mempu mengalahkan Pelita Jaya di laga sebelumnya.

Robby mengaku anak asuhnya tetap harus mewaspadai empat pemain asing yang dimiliki Persiba. Mereka adalah Kenji Adachihara, Matsunaga Shohei, Aldo Baretto, dan Esteban Guillen.

"Empat pemain itu memang harus diwaspadai. Mereka memang menambah amunisi, jadi menambah kekuatan. Tetapi itu juga sama dengan Persib. Mudah-mudahan tim kita juga lebih padu lagi dan lebih meningkat," ujarnya.

Persiba optimistis

Sementara itu, bermodalkan kemenangan 3-1 di kandang Pelita Jaya, Persiba Balikpapan optimistis mengalahkan Persib Bandung di Stadion Siliwangi. Persiba pun bertekad mempermalukan Persib seperti yang pernah dilakukannya di LSI 2009-2010 lalu.

"Kami datang ke sini dengan percaya diri dan yakin untuk menang, pasti," tekad Pelatih Persiba, Peter Butler di Stadion Siliwangi.

Di laga nanti, Persiba dipastikan tampil dengan kekuatan penuh. Hanya Dwi Joko Prihatin yang terkena larangan tampil akibat akumulasi kartu kuning.

Disinggung tentang absennya Miljan Radovic yang mungkin menjadi keuntungan bagi Persiba, Butler mengatakan, hal itu bukan sebuah keuntungan. Sebab, Persib masih memiliki Robby Gaspar yang dinilai punya kemampuan mumpuni mengatur irama permainan. Untuk itu, Peter menyatakan bakal memberi perlawanan sengit karena kemenangan tak mudah diraih.

"Gaspar pemain bagus, saya kerja dengan dia cukup lama. Dia tahu bagaimana cara kerja tim saya," cetusnya. Tetapi, Butler mengaku tidak akan melakukan pengawalan khusus terhadap pemain Persib.

"Kita tidak akan melakukan pengawalan khusus. Kita konsentrasi saja siapkan tim. Jadi tak ada perlakuan spesial buat lawan," ujarnya seraya menambahkan, termasuk kepada Marcio dan Along.

Ia menegaskan, meski dua pemain itu cukup berbahaya, tetap ia tak akan melakukan pengawalan khusus. Sebab ia datang ke Bandung dengan misi kemenangan dan siap terus menggempur pertahanan lawan, bukan bermain bertahan.

"Marcio pemain bagus dan berpengalaman. Noh Alam Shah kita tahu pemain bagus juga. Dia sering cetak gol, pemain timnas Singapura, dan kita harus hormat sama dia," jelasnya.

Butler menambahkan, meski Persib punya banyak pemain berkualitas, itu tidak jaminan tuan rumah bakal menang dengan mudah. "Kita juga punya pemain yang bisa membahayakan Persib," tegasnya.
Share on Google Plus

About 12paz