NEXT MATCH

schedule|under construction |
agung setiabudi
Satu bulan setelah tim nasional meraih hasil buruk ( gugur di fase grup setelah kalah bersaing dari thailand dan Vietnam ) di ajang Sea Games 1996 Chiang Mai , PSSI kembali membentuk tim yang dipersipakan untuk mengarungi babak Kualifikasi Piala Asia 1996 . Sebelumnya , Timnas belum pernah sekalipun lolos ke babak final sejak ajang ini dihelat pertama kali pada tahun 1956.

Hingga proses pembentukan tim , semua berjalan normal . Namun di hari saat PSSI akan mengumumkan nama-nama pemain , para awak media yang biasa meliput di senayan sempat digemparkan dengan munculnya sebuah surat edaran yang belakangan disebut / dikenal sebagai "surat sakti ".

Surat yang beredar tersebut adalah fotocopy-an dari surat resmi PSSI yang berisikan nama -nama pemain yang dipanggil ke timnas . Hanya saja di surat tersebut , terdapat beberapa keganjilan .Mulai dari adanya tulisan tangan atas nama Nirwan bakrie , sosok yang kala itu menjabat sebagai ketua bidang teknik dan tim nasional  , hingga pencoretan nama Maskur Rauf dan suwandi serta pemanggilan Ansyari Lubis dengan tinta pulpen .

Belakangan , PSSI menyebutkan bahwa tulisan tangan nirwan , sinyal pencoretan rauf dan suwandi serta pemanggilan Ansyari dengan tinta pulpen , merupakan permintaan menit-menit akhir Andi teguh , yang kal itu menjabat sebagai pelatih timnas . Faktanya , Rauf dan Suwandi akhirnya memang terpinggirkan .. Sedangkan Ansyari masuk dalam tim .

Keganjilan tak berhenti disitu . Di tengah jalan muncul dualisme kepelatihan . Posisi andi teguh tiba-tiba diganti Danurwindo . Padahal sebelumnya , Andi sempat mengklaim bahwa ia memiliki wewenang penuh atas timnas . Namun Faktanya dilapangan , Danur tampak lebih banyak berperan dan aktif dalam mengurusi hal-hal teknis .

"Sebagai direktur teknik , Danur membawahi seluruh timnas merumuskan program dan mengawasi program tersebut .Khususnya timnas senior , ia langsung terjun sampai soal urusan pemain dalam pertandingan " ujar nirwan kala itu .

Lalu bagaimana tanggapan andi dan danur ? "Saya menerima tanggung jawab ini untuk Timnas . Saya sudah bicara dengan Andi dan tidak ada masalah diantara kami ," ujar Danur .

"Sudahlah, jangan diungkit-ungkit lagi soal dualisme kepelatihan di timnas senior .Sudah kelar .Jangan diungkit lagi " jelas andi kal itu .

Dibalik keganjilan-keganjilan tersebut , timnas terus bersipap . Para pemain bahkan harus rela merayakan lebaran jauh dari keluarga meski sebenarnya timnas hanya beruji coba di dalam negeri .

Kontras dengan India dan Malaysia , dua negara pesaing di fase grup. Malaysia sempat beruji coba di timur tengah , sedangkan india baru menjelma sebagai kekuatan baru setelah keluar sebagai juara di pesta olahraga se-Asia selatan .

Babak kualifikasi mengambil tempat di malaysia . Indonesia bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah di laga pembuka . Dua hari kemudian , Timnas mengamuk lewat kemenangan 7-01 atas India . Indriyanto Nugroho , Rochi Putiray dan Ansyari Lubis masing-masing mencetak dua gol . Satu gol lagi dicetak peri sandria .



DUGAAN SUAP

Laga Terakhir antara malaysia vs India pun menjadi krusial . Beberapa pihak khawatir bahwa kecilnya peluang india untuk lolos , memungkinkan terjadinya kasus suap .

Menurut laporan langsung yang ditulis tabloid BOLA kala itu , Pelatih india asal Uzbekistan , Rustam Akramov , mengatakan bahwa timnya tetap akan bertarung sepenuh hati meski peluang mereka hampir tertutup . Benar saja , India hanya kalah 5-2 dari Malaysia . Dengan hasil tersebut , Indonesia berhak lolo ke putaran final di Uni emirates Arab karena unggul selisih gol dari tuan rumah .

Yang menggemparkan justru komentar pelatih india , Akramov usai laga . " memang , saya pernah didekati beberapa bandar - bandar suap . Lima kali mereka menghampiri saya . Empat kali di kamar dan satu kali di lobi hotel .tapi tak ada satupun yang saya tanggapi ." ujar akramov .


Bukan hanya kubu india saja yang didekati bos-bos suap . harian KOMPAS kala itu juga memuat artikel soal percobaan suap kepada skuad merah-pputih berdasarkan laporan dari salh satu official tim dan beberapa karyawan hotel .

" Setiap kali timnsa indonesia makan malam , ada beberpa orang berseragam rapih yang kerap coba mendekati pemain -pemain Indonesia . Mereka tampak berjaga-jaga di sekitaran restoran hoteel ." ujar kedua sumber tersebut .

skuad timnas di putran final piala asi 1996
Setidaknya , beberapa keganjilan yang muncul di masa persiapan , justru menghadirkan hal positif baru . Timnas lolos ke putaran final Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah . Di UEA , widodo sukses meninggalkan jejak manis bagi merah-putih lewat gol tendangan gunting separoh saltonya ke gawang kuwait.(yr)


Daftar Pemain :

Pelatih : Andi M teguh 
Kiper : kurnia sandy , sumardi 
Belakang :jaya hartono , nandang kurnaedi , robby darwis , anang ma'aruf , yeyen tumena , aples tecuari , sugiantoro , nuralim
Tengah : fachri husaini , widodo c Putro , erry erianto , khairil anwar , maskur rauf , ansyari lubis 

depan : peri sandria , rocky putiray ,indrianto nugroho

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn