NEXT MATCH

schedule|under construction |
Posisi Nil Maizar di tim nasional persiapan Pra Piala Asia 2015, terancam. PSSI kini mulai berburu penggantinya. Pelatih Persipura Jayapura yang pernah bermain di PSM, Jacksen F Tiago adalah salah satu calon kuat.

Jacksen mengaku sudah ditawari oleh Wakil Manajer Timnas PSSI, Mesak Manibor. "Semalam (Minggu malam, Red) saya juga dikunjungi oleh Pak Bupati Manibor untuk merayu pemain gabung dengan timnas. Dia juga mau ajak saya menjadi pelatih timnas sekalian," kata Jacksen, kemarin.

Dari segi kualitas, Jacksen sudah tidak diragukan lagi. Setidaknya dia sudah mengoleksi empat gelar juara. Pada awal karier kepelatihannya, mantan striker PSM itu membawa Persebaya juara Divisi I lalu juara Divisi Utama. Dia juga dua kali membawa Persipura Jayapura menjadi kampiun Liga Indonesia, yakni 2008 dan 2009.

PSSI melalui Mesak Manibor ngotot membawa Jacksen ke timnas. Selain dinilai sebagai pelatih mumpuni, PSSI juga berkepentingan dengan Persipura. Maklum, dari 43 pemain yang dipanggil untuk persiapan Pra Piala Asia 2015, enam di antaranya berasal dari Persipura.

"Tetapi, mungkin itu bagian dari strategi untuk memudahkan anak-anak Persipura agar gabung timnas," kata Jacksen yang mengawali karier sepak bolanya di Indonesia sebagai pemain Petrokimia Putra.

Jauh sebelumnya, Jacksen pernah melontarkan keinginannya untuk menjadi pelatih tim nasional. Nah, ini adalah kesempatan pertamanya untuk menunjukkan kemampuannya memoles pemain-pemain terbaik Indonesia. Selama ini, Jacksen dianggap berhasil mengarahkan pemain Papua yang dikenal temperamen.

Untuk memuluskan Jacksen ke timnas, Mesak kabarnya telah menemui Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano yang juga menjabat wali kota Jayapura. Bupati Sarmi, Papua tersebut juga telah menelepon Manajer Persipura, Rudy Maswi untuk merelakan Jacksen dan tujuh pemainnya ke timnas.

Sejak ditunjuk mendampingi Habil Marathi, Mesak berjanji mendekati manajemen Persipura. Mesak mengatakan, pada dasarnya manajemen Persipura tak keberatan untuk melepas pemainnya.

"Para pemain juga sangat antusias. Sebelumnya, saya sudah menjelaskan kepada para pemain bahwa membela negara jauh lebih tinggi ketimbang membela klub," ujar Mesak.

Para pemain Persipura yang dipanggil timnas adalah Ricardo Salampessy, Immanuel Wanggai, Boaz Solossa, Patrich Wanggai, Ian Louis Kabes, Ferinando Pahabol, dan Lukas Mandowen. (IR)

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn