Share |

Inilah Isi Pertemuan Nirwan Bakrie-Djohar Arifin


Untuk pertama kalinya dua mantan dan petinggi PSSI bertemu di sebuah acara yang difasilitasi KONI. Dialah mantan Wakil Ketua PSSI, Nirwan Bakrie dan Ketua Umum PSSI saat ini, Djohar Arifin yang bertemu selama beberapa jam di sebuah tempat di Jakarta, 1 Februari lalu.

Menurut penggagas acara pertemuan, Tono Suratman, bertemunya Nirwan dan Djohar adalah sebagai bagian untuk menemukan solusi akan permasalahan sepak bola nasional. Tono yang menjabat sebagai Ketua KONI ingin terputusnya akses komunikasi antara pengurus lama dan baru jadi lebih terbuka, sehingga memudahkan terciptanya proses rekonsiliasi.

"Saya bertemu pengurus lama termasuk Pak Nirwan Bakrie dan juga pengurs PSSI Djohar Arifin. Kami bertemu untuk membicarakan solusi akan masalah persepakbolaan nasional," beber Tono di sela-sela rapat dengar pendapat dengan DPR yang berlangsung hingga Selasa (7/2) malam.

Sosok Nirwan yang dipandang mampu menjadi tokoh yang dapat mempersatukan PSSI dengan KPSI jadi alasan. Menurut Tono, Nirwan menyambut baik forum yang digelar KONI sebagai bagian dari usaha rekonsiliasi itu. "Pak Nirwan dan Djohar menyanmbut baik usulan yang kami sampaikan," tambah Tono.

Dia pun menjelaskan tiga alternatif solusi yang diutarakan KONI di forum itu. Dia meminta dua kubu yang ada di sepak bola nasional agar melebur menjadi satu. Pun halnya dualisme liga yang harus diakhiri. "Dan Diharapkan kongres tahunan nanti pesertanya adalah pemilik suara dalam KLB PSSI di Solo lalu," imbuhnya.

Jika usulan itu mampu diterima kedua pihak dengan hati besar, Tono yakin rekonsiliasi akan segera tercipta di sepak bola Indonesia. Di sisi lain, dia mengungkapkan bahwa KONI juga menjalin komunikasi dengan KPSI. Sejumlah usulan pun telah disampaikan baik kepada PSSI dan KPSI. KONI menunggu respon yang akan disampaikan kedua kubu, paling lambat pada sepekan kedepan.(biji)

Share on Google Plus

About 12paz