Share |

PSSI dan PT LI Miskomunikasi , Pemain Anyar Bisa Gagal Bergabung


Sebagaimana ditetapkan sebelumnya oleh PT Liga Indonesia (LI) yang membuka transfer window hingga 28 Februari 2010, tampaknya tidak sejalan dengan apa yang terjadi.

Pasalnya jadwal yang ditetapkan oleh PTLI tersebut dan sebelumnya telah diketahui oleh PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air, ternyata terjadi miskomunikasi yang mengakibatkan penetapan jadwal transfer window tersebut berbeda dan berdampak pada transfer pemain dari beberapa klub peserta Kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2009-2010.

Ya, PSSI dikabarkan telah mengajukan jadwal penutupan transfer window putaran kedua ini berakhir pada 15 Februari lalu kepada Federation Internationale de Football Association (FIFA) selaku induk organisasi sepak bola dunia.

Imbasnya, Persiba Balikpapan yang berharap untung dengan masuknya beberapa pemain baru dan mendepak beberapa pemain lama kurang produktif, malah terancam buntung akibat belum terdaftarnya pemain rekrutan mereka. “Karena itu hingga malam ini (kemarin.Red), ITC (International Transfer Certicate) Kim Yong Hee juga belum keluar dari negara asalnya, karena bursa transfer oleh FIFA telah ditutup,” ujar H. Fuad Zaenal, Ketua Bidang SDM Persiba.

Menurutnya, semua klub tahu bahwa transfer windo ditutup pada 28 Februari lalu dan itu sesuai dengan yang di tetapkan PTLI. “Namun ternyata PSSI ternyata salah mengajukan jadwal penutupan transfer pemain di putaran kedua ini kepada FIFA tertanggal 15 Februari, dan itu jauh lebih cepat dari yang ditetapkan PT LI.

Untuk itulah ITC milik Kim dan mungin beberapa pemain asing dari klub lain juga tidak keluar, karena FIFA telah menutupnya,” tegas Fuad. Dengan demikian hampir dapat dipastikan Kim Yong Hee yang sangat semangat ingin memperkuat timnya Persiba pada laga menghadapi Persela, Sabtu (4/3) sore ini otmatis terancam batal.

Dan tidak menutup kemungkinan Persiba Mania masih belum dapat menyaksikan aksi gelandag berkepala plontos asal Negeri Ginseng Kosel ini. Dikonfirmasi kepada salah satu agen pemain asing di Jakarta, perihal kebenaran kabar tersebut ternyata memang cukup mengejutkan.

Pasalnya menurut agen tersebut, Kim belum bisa tampil memperkuat Persiba. “Persoalannya bukan masalah pemain itu sendiri termasuk administrasinya. Hanya saja karena ada miskomunikasi PSSI dan PT LI yang salah mengajukan jadwal penutupan transfer window,” ungkap agen tersebut.

Hasilnya, meski tengah diusahakan, untuk saat ini pihak FIFA menutup akses bursa transfer pemain asing yang berkompetisi ISL pada putaran kedua ini. “Kita lihat saja bagaimana nanti, yang jelas kami terus berusaha untuk mendapatkan ITC nya pemain bersangkutan,” tandas Fuad.

Dengan belum jelasnya kepemilikan ITC Kim Yong Hee, skuad Beruang Madu dipastikan kembali menurunkan Hendro Siswanto sebagai tandem Robertino Pugliara saat menghadapi Persela Lamongan sore ini.(san)

Share on Google Plus

About 12paz