Share |

Persela vs Persiba : Tamu Optimis , Tuan Rumah Tak Mau Kecolongan


Tim Persiba Balikpapan dipastikan siap tempur menghadapi Persela Lamongan yang dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Surajaya Lamongan pada Kamis (4/3) hari ini. Dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 kali ini, Persiba meyakinkan diri bisa meraih poin.

Pertandingan tersebut dipastikan menghadirkan pola permainan terbaik kedua kesebelasan. Pasalnya, kedua tim ini sempat bertemu pada laga kandang beberapa waktu lalu. Meskipun hasilnya Persiba harus puas menang tipis 1-0.

Penasehat Teknis Persiba Baikpapan Daniel Roekito mengatakan, bahwa timnya bertekat merai poin dalam pertandingan tersebut. Selain materi pemain yang dianggap baik, para pemaia Persiba sebagain besar juga saling menenal karakter pemain lawan “ Saya tau Persela Lamongan itu bagus, tapi anak-anak juga bisa lebih bagus.

Pokoknya kita harus meraih poin pada pertandingan besok (hari ini, Red),” ujar Daniel. Daniel mengatakan, pasukannya diarahkan untuk bermain lepas. Tujuannya agar skema yang digarapnya berjalan dengan apik, tanpa ada tekanan dari tim tuan rumah maupun suporter yang bakal memenuhi stadion.

Apalagi pertandingan rencananya akan disiarkan secara langsung di ANTV pada pukul 15.30 WIB. “Kita coba bermain lepasa saja, semua pemain lawan tetap kita waspadai. Apalagi ini live di televisi, saya yakin anak-anak berusaha bermain bagus,” kata pria yang selalu mengenakan kacamata berwarna gelap ini.

Sesuai jadwal, pada Rabu (3/3) kemarin pagi, tepat pukul 08.30 WIB skuad Persiba Balikpapan langsung melakukan latihan sekaligus uji coba lapangan Stadion Surajaya. Para pemain yang berjumlah total 18 orang tersebut langsung menjajal lapangan yang saat itu dalam kondisi basah akibat hujan yang turun begitu deras.

Lebih dari satu jam, para pemain mengikuti materi latihan di bawah arahan Penasehat Teknis Daniel Roekito dan Pelatih Hariyad. Mulai latihan passing hingga shoting, para pemain berjuluk beruang madu terlihat serius menjalan latihan. “Kita latihan sekitar satu jam lebih, saya rasa ini sudah lebih dari cukup.

Supaya waktu istirahat anak-anak juga panjang, sebab energi pemain sudah banyak terkuras dengan lelahnya perjalanan” terang Daniel disela letihan. Dua pemain muda Ferry Ariawan dan Hendro Siswanto yang sempat meminta izin pulang ke rumah mereka masing-masing pasca turun di Bandara Juanda Surabaya, sudah bergabung kembali mengikuti latihan.

Sementara itu, dua punggawa Persiba Balikpapan yakni Julio Lopez dan Albicho tidak tampak terlihat. Julio Lopez tidak bisa ikut latihan lantaran masih berada di Jakarta menghantarkan istrinya yang pula ke negara asalnya Chili, namun baru tiba pukul 15.00 WIB kemarin.

Sedangkan Albicho masih berada di Malaysia untuk mengurus Kitas. “Jlo tidak bisa ikut latihan karena masih di Jakarta, tapi sebelum tanding lawan Lamongan dia sudah bergabung.

Sedangkan Albicho mungkin jelang lawan Jepara baru bisa, karena dia juga masih mengurus Kitas dan akmulasi kartu kuning,” katanya Daniel juga akan memberikan ramuan teknik dan skema permainan pada meeting yang dilangsungkan hari ini, sebelum bertanding.

Namun untuk memastikan siapa saja pemain yang akan masuk dalam starting lineup guna menghadapi pasukan Kota Soto ini, Daniel mengaku akan mempersipakan setelah meeting. “ Saya belum bisa pastikan siapa yang jadi starter. Nanti kita bicarakan setelah meeting, saat ini belum bisa kita sebutkan siapa saja,” pungkasnya.
Sementara itu Menjamu Persiba Balikpapan, bukanlah sesuatu yang mudah bagi Persela Lamongan. Pihaknya tidak ingin kecolongan di depan pendukung sendiri. Hal ini diungkapkan Pelatih Persela Lamongan, Widodo C Putra, menurutnya, Persela akan tampil maksimal saat menghadapi Persiba. “Apapaun alasannya, kita akan tetap tampil maksimal.

Kami ingin memberikan permainan yang terbaik dan berharap menang melawan Persiba nanti,” ujar Widodo-akrabnya disapa ketika dihubungi Post Metro, kemarin. Widodo mengakui, kini mereka mulai fokus menatap Indonesia Super Ligue (ISL). Pasalnya, mereka masih memiliki kesempatan untuk berprestasi di liga terelit di Indonesia tersebut.

Dengan prestasi yang diraih, setidaknya akan membangkitkan anak-anak berjuluk Kota Soto yang berada di sepanjang Pantai Utara (Pantura) tersebut. Tidak ada terget gol, hanya saja ia tatap yakin menang. “Yah, pemain berusaha secara maksimal dalam melewati rangkaian Liga Super Indonesia, termasuk lawan Persiba Balikpapan yah harus menang,” katanya.

Dijelaskannya, dengan posisi Persiba yang berada di peringkat tiga papan atas ISL tidak akan mematahkan semangat anak asuhnya. Meskipun, Persiba sempat menumbangkan Persela Laomongan 1-0 pada laga tandang di Stadion Persiba Balikpapan. Sebaliknya, kata Widodo, hal tersebut akan menjadi motivasi tersendiri untuk bisa bermain yang terbaik dan membalas kekalahan sebelumnya.

“ Itu tidak jadi masalah, malah anak-anak jadi semangat dan semakin termotivasi untuk bermain bagus dan menang,” tegasnya Sementara itu, pengurus Persela Lamongan Yuhronur Efendi mengakatan, pihaknya mewajibkan timnya untuk menang melawan Beruang Madu. Sebab, poin yang dihasilkan dalam pertandingan tersebut sangat dibutuhkan.

Sebab, jika kalah maka posisi Persela menjadi tidak aman dan terancam melorot di papan bawah, apalagi zona degradasi. “Tidak ada pilihan lain, menghadapi Persiba wajib hukumnya untuk memenangkan pertandingan. Persela harus bisa naik kembali ke papan atas,” kata Yuhronur yang menjabat sebagai Bendahara Persela Lamongan. Diharapkannya, Pelatih Widodo mampu memaksimalkan peran para pemain.

Terutama tiga pemain yang baru saja menandatangi kontrak, termasuk juga pemain yang berada pada barisan belakang yang selama ini dinilai kurang disiplin agar segera dibenahi.

Kewajiban menang juga bagian dari tuntutan keras suporter Persela lamongan yang tergabung dalam LA Mania. “Fabiano juga tidak tidak bisa bertanding, para LA Mania juga menginginkan kemenangan secara mutlak agar tim tidak semakin terpuruk,” pungkas Yuhronur Efendi.
Share on Google Plus

About 12paz