Share |

Pemain Korea Serbu Liga Indonesia


Jika bursa transfer putaran 1 Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010 masih didominasi pemain-pemain Afrika, maka di putaran 2 kiblat beralih ke daratan Asia Timur.

Korea Selatan menjadi penyumbang terbanyak di bursa transfer jilid II yang ditutup akhir Februari lalu. Dari total 61 pemain baru yang telah diajukan ke BLI, 32 pemain telah disahkan dan 29 pemain lain sedang dalam proses.

Dari bursa transfer jilid 2 ini, pemain-pemain asing asal Korea Selatan terlihat dominan dibanding negara-negara tetangganya macam China dan Jepang. Total 15 pemain Negeri Ginseng terdaftar dalam bursa transfer paruh kedua ini.

Persik Kediri dan PSM Makassar menjadi klub yang paling banyak mendatangkan pemain Asia Timur terutama Korea. Dari lima pemain anyarnya, hanya Tito Purnomo yang didatangkan dari Bontang FC. Empat pemain baru lainnya berasal dari Korea sebanyak 3 pemain dan satu pemain China.

Selain Persik, PSM Makassar juga merekrut empat pemain Asia Timur dari delapan pemain barunya dengan sebaran tiga pemain Korea dan satu dari China. Dari tiga pemain Korea itu, termasuk mantan punggawa Persiba Balikpapan, Park Jung-hwan.

Sedangkan Persitara Jakarta Utara yang tercatat sebagai klub paling getol memboyong pemain baru dengan 11 pemain, juga menjadikan Asia Timur sebagai lahan buruannya untuk pemain asing. Laskar Si Pitung mendatangkan pemain Jepang Hisanori Takada dan pemain Korea, Kim Jong-kyung.

Jika Persitara yang paling getol berburu pemain, Persijap Jepara justru tercatat sebagai satu-satunya klub yang tak melakukan transfer pemain di putaran kedua ini. • VIVAnews
Share on Google Plus

About 12paz