NEXT MATCH

schedule|under construction |

Siapa Temani PSPS-Persidafon Masuk Jurang ?

Friday, September 13, 2013
Gelar juara Indonesia Super League (ISL) akhirnya bisa dipertahankan Persipura Jayapura. Tim berjuluk Mutiara Hitam tidak menunggu kompetisi berakhir untuk memastikan gelar juara. Melainkan saat kompetisi masih menyisakan empat laga.
Persipura memastikan gelar juara saat menaklukkan Persiwa Wamena 2-0 di pekan ke-30 ISL pada 31 Juli silam. Kemenangan ini membuat raihan total poin Persipura tidak terkejar dengan tim di posisi kedua, Arema Malang dan tim di posisi ketiga, Persib.
Dengan status juara Persipura, persaingan dianggap sudah di papan atas klasemen sudah berakhir. Namun tidak bagi persaingan di posisi bawah. Sejumlah tim harus bertarung hidup mati demi bertahan di ISL yang merupakan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.
PSPS Pekanbaru dan Persidafon Dafonsoro sudah dipastikan tersingkir setelah menempati dua posisi terbawah. Sementara empat klub, Persita Tangerang, Persiba Balikpapan, Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persiwa Wamena akan bertarung sengit untuk lolos dari zona degradasi.
Persita Tangerang sejauh ini menduduki posisi paling baik dari tiga tim lainnya dengan duduk di urutan 13 setelah mengantongi 35 poin. Hanya saja posisi Persita masih riskan karena hanya unggul selisih poin tipis dari Persiba, PBR dan Persiwa.
Persiba untuk sementara berada di posisi 14 dengan 34 poin. PBR menempati posisi 15 dengan 33 poin dan Persiwa di posisi 16 dengan 30 poin. Tak pelak Kemenangan menjadi harga mati bagi keempat klub jika masih ingin tampil di ISL musim depan.
ISL memberikan aturan tiga tim terbawah (posisi 16, 17, 18) otomatis degradasi dan tim terbawah keempat (posisi 15) harus melakoni play off dengan tim posisi kempat Divisi Utama. Alhasil dua laga tersisa ISL bakal menjadi pertarungan hidup dan mati bagi keempat tim.
Target memetik kemenangan di dua laga tersisa bakal menjadi misi berat bagi Persita. Pasalnya lawan pertama yang sudah menanti adalah Persipura. Meski sudah berstatus juara, Persipura disinyalir tetap mengincar poin penuh.
Sementara di laga terakhir, Persita bakal menghadapi Persiwa yang sama-sama berusaha lolos dari zona degradasi. Perjuangan semakin berat karena dalam dua pertandingan tersisa, Persita berstatus sebagai tamu.
Persiba juga berada dalam situasi yang tidak kalah berat. Dua lawan Persiba adalah tim peringkat lima klasemen ISL, Sriwijaya FC dan PBR yang sedang berjuang lolos degradasi. Hanya saja Persiba diuntungkan karena di dua laga ini berstatus sebagai tuan rumah.
Sedangkan lawan lebih mudah akan dihadapi PBR di dua laga sisa. Di laga pertama, PBR akan melawan Barito Putera dan dilanjutkan menghadapi Persiba. Namun dua laga ini berstatus laga tandang bagi PBR dan bakal mendapat tekanan dari suporter tuan rumah.
Sementara Persiwa terbilang bakal menghadapi dua lawan sulit. Pertama menjamu tim kuat asal Bandung penghuni posisi tiga klasemen, Persib. Dilanjutkan menjamu Persita yang coba menjauh dari zona degradasi. (ld)

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn