Share |

Singapura juara Piala AFF 2012 !!

Singapura akhirnya tampil sebagai juara Piala AFF 2012. Meski kalah 0-1 dari Thailand di final leg kedua, tim berjuluk The Lions itu tetap unggul secara agregat dan berhasil merebut titel keempatnya.

Pertandingan di Supachalasai Stadium, Sabtu (22/12/2012) malam WIB, mutlak dikuasai oleh Thailand. Tim tuan rumah melancarkan gempuran bertubi-tubi sepanjang 90 menit laga, sementara Singapura cuma bertahan dan sesekali menyerang balik.

Meski tampil sangat dominan, Thailand cuma bisa menceploskan sebiji gol saja. Gol tersebut tercipta di babak pertama atas nama Kirati Keawsombut.

Hasil tersebut membuat Singapura-lah yang tampil sebagai pemenang laga final dengan skor agregat 3-2 karena di pertemuan pertama mereka menang 3-1.

Ini adalah gelar keempat bagi Singapura setelah sebelumnya mereka juara pada tahun 1998, 2004, dan 2007.

Jalannya Pertandingan

Thailand nyaris unggul saat laga berusia 15 menit. Berawal dari sepak pojok Datsakorn Thonglao yang gagal diamankan kiper Izwan Mahbud, Jakkraphan Pornsai menanduk bola, tapi masih digagalkan mistar.

Pada menit ke-31, tim tuan rumah kembali mengancam. Umpan silang Piyaphon Bantao diterima Teerasil Dangda yang kemudian melepaskan tembakan, tapi bola diblok bek Singapura. Datsakorn yang mencoba memanfaatkan bola rebound juga gagal.

Berselang 12 menit, Teerasil tak mampu memanfaatkan peluang yang didapatnya. Sundulannya ke arah tiang jauh meneruskan tendangan bebas Datsakorn masih melebar.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-45. Diawali tendangan penjuru Datsakorn yang disundul Theerathon Bunmathan, Kirati menyambar bola di mulut gawang dengan kepalanya. Thailand 1, Singapura 0.

Memasuki menit ke-54, Teerasil menebar ancaman ke gawang Singapura. Namun, tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti masih melenceng.

Peluang yang didapat Jakkraphan pada menit ke-66 juga tak membuahkan gol kedua untuk Thailand. Tendangan bebasnya mengarah ke samping gawang Singapura.

Di menit berikutnya, Kirati tak mampu memaksimalkan sebuah kesempatan bagus. Kecerobohan lini belakang Singapura membuatnya punya ruang tembak terbuka di kotak penalti, tapi penyelesaiannya malah melambung tinggi.

Apipoo Suntornpanavej melakukan aksi individu menawan di menit ke-85 dengan melewati beberapa pemain lawan dan mengakhiri aksinya dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, Izwan masih bisa mementahkannya.

Thailand punya peluang bagus lagi di menit ke-89. Tapi, tendangan bebas Phichitpong Choeichiu mengarah tepat ke Izwan.

Susunan Pemain
Thailand: Kawin, Piyaphon, Panupong, Chonlatit, Theerathon, Jakkapan (Chanathip 75'), Adul, Phichitphong, Datsakorn (Pipob 70'), Teerasil, Kirati (Apipoo 79')

Singapura: Izwan, Bennett, Baihakki, Safuwan, Shaiful, Shahdan (Fazrul 77'), Mustafic, Isa, Duric, Shahril, Amri (Qiu Li 88')(sP)
Share on Google Plus

About 12paz