Share |

Semifinal AFF : Thailand paksa Malaysia Bermain Imbang

Laga leg pertama semifinal Piala AFF 2012 antara Malaysia dan Thailand tak menghasilkan pemenang. Kedua tim harus puas dengan hasil imbang dengan skor 1-1.

Pada pertandingan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Minggu (9/12/2012) malam WIB, kedua tim sama-sama tak bisa bikin gol di paruh pertama. Saat turun minum, skor masih 0-0.

Malaysia unggul duluan lewat gol Norshahrul Idlan Talaha di awal babak kedua. Tapi, Thailand selamat dari kekalahan berkat gol Teerasil Dangda.

Hasil ini memberi keuntungan kepada Thailand. Di leg kedua, Kamis (13/12/2012), mereka gantian akan jadi tuan rumah.

Jalannya Pertandingan

Thailand menebar ancaman pada menit ke-11 lewat tembakan jarak jauh Adul Lahsoh. Namun, kiper Mohd Farizal Marliyas masih bisa menepis bola dengan sangat baik.

Malaysia membalas melalui percobaan kapten Safiq Rahim pada menit ke-33. Tapi, tendangan bebas Safiq juga masih bisa diantisipasi Kawin Thamsatchanan.

Di awal babak kedua, tim tamu mendapatkan peluang lagi. Namun, tendangan voli Jakkraphan Pornsai jatuh tepat ke pelukan Farizal.

Seisi Stadion Nasional Bukit Jalil bergelora pada menit ke-48 saat Malaysia mencetak gol. Berawal dari akselerasi Mahali Jasuli di sayap kanan, bola kemudian diumpankan ke mulut gawang. Norshahrul menyundul si kulit bundar ke tiang jauh tanpa bisa dicegah Kawin.

Thailand punya kans untuk menyamakan skor di menit ke-66. Tendangan keras yang dilepaskan Apipoo Suntornpanavej dari luar kotak penalti melaju deras ke arah gawang. Tapi, Farizal menunjukkan reaksi yang prima dan menepis bola.

Berselang sepuluh menit, gawang Malaysia terancam lagi. Tendangan menyilang Datsakorn Thonglao masih mengarah ke samping gawang.

Tak lama setelah itu, giliran Kirati Keawsombut yang mendapatkan kesempatan mencetak gol. Tapi, sepakannya dari luar kotak penalti juga masih melebar.

Kerja keras Thailand akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-79. Memanfaatkan crossing Piyapol Bantao dari sisi kanan, Teerasil melompat tinggi dan mengirim bola ke gawang dengan kepalanya.

Malaysia nyaris unggul lagi di menit ke-88. Sial buat mereka, sundulan jarak dekat Safee Sali bisa dimentahkan oleh Kawin.

Tembakan Gary Robbat beberapa saat sesudahnya juga tak mengubah keadaan. Arah bola masih menyamping.

Susunan Pemain
Malaysia: Farizal Marliyas, Mahalli Jasuli, Bunyamin Umar (Mohd Zubir bin Mohd Azmi 85'), Aidil Zafuan, Safiq Rahim, Amar Rohidan (Safee Sali 75'), Gary Robbat, Azzamuddin Akil, Baddrol Bakthiar (Kunanlan Subramaniam 75'), Fadhli Shas, Norshahrul Idlan

Thailand: Kawin Thamsatchanan, Panupong Wongsa, Theerathon Bunmathan (Sompong Soleb 52'), Chonlatit Jantakam, Datsakorn Thonglao (Kirati Keawsombut 76'), Anucha Kitpongsri, Adul Lahsoh (Apipoo Suntornpanavej 59'), Jakkapan Pornsai, Phichitphong Choeichiu, Piyapol Bantao, Teerasil Dangda
Share on Google Plus

About 12paz