Share |

POLDA Kalteng : Di Palangkaraya itu Bukan KLB itu cuma Absen kehadiran Pengurus

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Tengah AKBP Pambudi di Palangkaraya, Senin (10/12), menilai bahwa apa yang dilakukan PSSI di lobbi hotel Hotel Aquarius Boutique bukanlah Kongres Luar Biasa (KLB), tapi sekadar absensi atau verifikasi kehadiran pengurus.

"Kongres Luar Biasa PSSI tidak disetujui karena tidak mengantongi izin dari pemerintah pusat untuk menggelar kegiatan tersebut, sehingga kepolisian tidak dapat memberikan izin,"  kata Pambudi.

Menurutnya, apa yang dilakukan pengurus PSSI di lobbi hotel tidak menjadi masalah karena PSSI hanya melakukan absensi keharidan peserta. Sampai dengan berita ini ditulis, pihak kepolisian tidak mau memberikan banyak komentar terkait dengan pelaksanaan Kongres Luar Biasa PSSI tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekitar 40 personel kepolisian diturunkan untuk mengamankan kegiatan penolakan pemberian izin kongres tersebut. Ratusan pengurus PSSI dan aparat keamanan terlihat berjaga-jaga di lobbi hotel. Meski demikian suasana tetap terjaga secara kondusif, tanpa ada permasalahan yang dapat memicu konflik.

Ketua Umum PSSI Djohar Ariffin Husin yang didampingi Sekretaris Jenderal Halim Mahfudz menyatakan, mereka telah melakukan kongres luar biasa.

"Tempat dilaksanakannya kongres tidak masalah meski dimana saja, yang penting semua sesuai dengan aturan dan memenuhi persyaratan. Kami tetap mengklain kongres ini sah dengan disaksikan oleh perwakilan dari FIFA dan AFC," kata Djohar.

Sebanyak 97 orang pemilik suara (voter) dan ratusan pengurus PSSI dari provinsi serta klub sepak bola berkumpul di lobbi mengikuti kongres luar biasa tersebut.

Hasil KLB PSSI ini memutuskan membatalkan MoU dengan KPSI dan membubarkan Joint Committee (JC).

MOU yang dibatalkan tersebut berisi kesepakatan untuk penyelesaian tiga hal utama, yaitu perubahan statuta, pengembalian empat anggota komite eksekutif PSSI yang dipecat dengan syarat meminta maaf dan diberi waktu satu bulan, serta penyatuan liga.(jid)
Share on Google Plus

About 12paz