Share |

Moukwelle Sylvain Ebwanga Sakit Tifus , gak Ada Uang , Pasoepati Prihatin

Belum lama kasus pemain Persis Solo PT LI Diego Mendieta yang meninggal dunia, saat ini pemain asing lain yang merumput di Indonesia juga tengah terbaring sakit. Moukwelle Sylvain Ebwanga, gelandang asal Perancis yang pernah merumput bersama Persis Solo di musim 2007-2009 tengah menderita sakit tifus di Banyuwangi Jawa Timur. Moukwelle terkulai lemas di kontrakannya karena tak mampu berobat ke rumah sakit. Alasannya masih klasik, Moukwelle tak lagi punya uang untuk memeriksakan atau berobat ke rumah sakit. Selain sakit lantaran tifus, Moukwelle juga menderita tekanan pikiran.
Bagaimana tidak, hingga hari ini dirinya baru menerima uang Rp 35 juta dari total nilai kontrak sekitar Rp 400 juta atau berupa gaji 9 bulannya belum juga dilunasi oleh manajeman Persewangi. Sesekali mantan pemain Persiba Bantul ini juga hanya memeriksakannya ke Puskesma karena kendala biaya. Pihak yang peduli dengan kondisi Moukwelle hanyalah beberapa suporter Persewangi, bukan jajaran manajemen klub.
Kondisi tersebut membuat Pasoepati (suporter Persis Solo) ikut prihatin atas kondisi yang menimpa eks pemain yang menjadi idola bersama Greg Nwokollo di Persis dahulu. Seperti yang diutarakan Menteri Sosial DPP Pasoepati, Muhammad Badres, Kamis (13/12), bahwa kejadian yang menimpa Moukwelle merupakan bukti pengelola kompetisi masih memikirkan kepentingan sendiri, bukan kepada pemain.
“Mendengar kisah seperti ini saya sangat malu sekali. Ini bukti bahwa suporter lebih peduli ketimbang orang-orang atas sana. Seharusnya kasus kematian Diego Mendieta, harus jadi contoh yang langsung harus segera diantisipasi oleh semua klub lainnya. Jangan adalagi kasus Diego berikutnya,” kelakarnya.
“Jika ini kembali terjadi, sangsi kerugian buat Indonesia dari FIFA ataupun AFC, akan semakin berat,” pungkasnya.
Share on Google Plus

About 12paz