Share |

Bungkus : Sepakbola Indonesia hanya bisa Diselamatkan oleh 2 Presiden

Pengamat Sepak Bola, Mohamad Kusnaeni atau kerap disapa bungkus  mengatakan bahwa konflik sepakbola di tanah air saat ini hanya bisa diselesaikan oleh dua Presiden yakni Presiden Republik Indonesia dan Presiden FIFA.
Menurut Kusnaeni, sangat sulit untuk mendamaikan kedua belah pihak yang sama-sama keras kepala dan terlalu yakin dengan kebenaran masing-masing sehingga yang bisa menyelesaikan hanya dua pihak itu.
“Kalau saya dari awal memang tidak pernah yakin kalau konflik ini bisa selesai bukan dari bagian tertinggi dari mereka. Jadi buat saya yang bisa menyelesaikan cuma dua orang yang satu Presiden RI dan Presiden FIFA. Tanpa dua orang itu tidak akan selesai konflik,”ujar Kusnaeni, Selasa (11/12/2012).
“Mau dibikin MOU ataupun apa tidak akan selesai, tinggal pilih saja mau diselesaikan presiden FIFA atau Presiden RI. Kesepakatan Joint Committee (JC) sudah banyak dilanggar oleh PSSI djohar,” lanjutnya
Seperti diketahui Kemenpora sudah berupaya mencari jalan damai untuk menyelesaikan konflik sepakbola nasional. FIFA melalui surat tertanggal 26 November 2012 juga sudah meminta pemerintah untuk mengambil sikap di tengah konflik sepakbola yang terjadi.
“Presiden mempercayakan kepada Menpora. Namun dari awal saya sudah tidak yakin Andi Mallarangeng ataupun Menpora ad interim Agung Laksono mampu menyelesaikan persoalan ini. Melihat langkah yang dilakukan oleh pemerintah, terlihat seperti bentuk intervensi,” ujarnya.
“Mendingan presiden melakukan pertemuan informal bersama tokoh di belakang semua ini. Mereka dipertemukan, maka akan lebih cepat selesai permasalahan daripada melalui mekanisme FIFA,” pungkasnya.(gie)
Share on Google Plus

About 12paz