NEXT MATCH

schedule|under construction |
 
SATU tiket semifinal turnamen internasional Piala Gubernur Aceh 2012 telah resmi menjadi Atjeh FC. Kemenangan 2-0 atas Makassar United pada laga pembuka Sabtu (15/12), ditimpali hasil imbang 1-1 Selangor FA dengan Makassar United pada tarung sore kemarin di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, membuat posisi sang tuan rumah sebagai salah satu wakil Grup A ke babak empat besar tak lagi terganggu gugat.

Hanya saja, realita ini tak lantas membuat tim besutan Effendi HT bisa bersikap santai. Justru sebaliknya, Ismed Sofyan dkk dituntut fokus menatap partai selanjutnya. Sebab, meski tiket lolos sudah di tangan, namun masih ada tugas yang harus dituntaskan Erik Saputra cs, yakni mengamankan predikat juara grup. Dan target ini baru bisa dicapai bila Atjeh FC mampu menjinakkan atau minimal menahan imbang Selangor FA pada tarung pamungkas Grup A di Stadion Harapan Bangsa, nanti malam.

Sekilas, tugas ini bakal mampu diemban Andrea cs. Kalkulasinya, jika Makassar United saja bisa meredam Selangor FA, Atjeh FC semestinya dapat berbuat lebih. Tapi, disinilah letak bahayanya. The Red Giants--julukan Selangor FA--yang terkesan tampil kurang maksimal saat melawan Makassar United, sebenarnya menyimpan kekuatan yang mengerikan.

Betapa tidak, kecuali diperkuat tiga punggawa Timnas Malaysia yang membawa ‘Harimau Malaya’ menjuarai Piala AFF 2010 lalu, el-capiten Mohd Amri Yahyah, kiper Norazlan Bin Razali, serta Mohd Asraruddin Putra Omar, tim besutan Irfan Bakti bin Abu Salim itu juga masih memiliki sederet amunisi berbahaya lainnya seperti Francis Forkey Doe dan Gurusamy Govandar.

Bila semua punggawa itu tampil on-fire, bakal sulit bagi tim manapun meredam juara Liga Super Malaysia musim 2010/2011 itu. Apalagi kalau sang playmaker cerdik sekaligus kapten Timnas Malaysia, Safic Rahim, Mahali Jazuli dan Mohd Bunyamin Umai, yang diinformasikan bakal tiba di Aceh Senin hari ini, ikut merumput. Tentu bisa dibayangkan betapa dahsyatnya kekuatan The Red Giants.

Realita tersebut tak pelak membuat ambisi pasukan Adly Tjalok untuk menjuarai grup bakal menemui jalan terjal. Jika tak hati-hati, bukan tak mungkin Atjeh FC tersandung di hadapan publiknya. Kalau sudah begitu, lawan berat pasti menanti Andrea dkk di semifinal.

Untuk menghindari skenario buruk itu, mau tak mau Effendi HT harus memaksimalkan penampilan Syahrizal cs. Jujur saja, walau sukses menang, sebenarnya performa Syakir Sulaiman dkk di laga pembuka kontra Makassar United belum optimal. Kekurangan paling kentara terletak pada penyelesaian akhir Mahdi Sinegal cs yang kerap membuang peluang. Terbukti, meski panen peluang tak satu gol pun mampu dicetak punggawa Atjeh FC di babak pertama.

Baru setelah trio jebolan PON 2008, Defri Riski-Fahrizal Dillah-Mukhlis Nakata masuk di babak kedua, finishing-touch Atjeh FC membaik. Bahkan, trio tersebut menjadi penentu kemenangan tuan rumah, dimana dua nama terakhir ikut mencatatkan namanya di papan skor. Nah, belajar dari semua kelebihan dan kekurangan di duel pembuka, tentu perbaikan mesti dilakukan Effendi HT.

Namun, terlepas dari semua itu, peluang Atjeh untuk menjadi juara grup sebetulnya sangat terbuka lebar. Pasalnya, pasukan Adly Tjalok hanya butuh hasil imbang saja guna menasbihkan diri sebagai penguasa Grup A. Status sebagai tuan rumah yang secara otomatis bakal bertanding di depan publik sendiri jelas menjadi keuntungan tersendiri. Kehadiran puluhan ribu pecinta sepakbola Tanah Rencong yang diprediksi akan memadati Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, nanti malam, bakal menjadi ‘pemain ke-12’ bagi Atjeh FC.

SECARA tim, Selangor sebenarnya cukup bagus. Pertahanan serta mobilitas serangan mereka cukup mantap. Soal mereka tak tampil optimal saat lawan Makassar United, itu lain hal. Mungkin mereka masih kurang bugar karena menjalani laga perdana.

Tapi, analisa saya Selangor akan mengubah strategi saat melawan kita. Paling tidak, mereka tidak akan mengulangi kesalahan yang sama saat melawan Makassar. Hal inilah yang akan kita antisipasi. Kita sangat mewaspadai kebangkitan Selangor ini.

Tapi, yang pasti target kita tetap memburu kemenangan di semua pertandingan, termasuk partai nanti malam melawan Selangor. Apapun itu atau siapapun lawan, kami akan usahakan meraih kemenangan.
* Effendi HT, Pelatih Atjeh FC.
KEKUATAN tuan rumah Atjeh FC perlu kita waspadai. Karena itulah, saya sudah menjamin kalau satu tiket dari penyisihan grup telah menjadi milik mereka. Satu tiket tersisa akan coba kami usahakan ketika bertemu dengan tuan rumah.

Bahkan, untuk menghadapi Atjeh FC, kami pastikan akan kedatangan empat pemain tambahan. Kuarter ini baru saja selesai memperkuat Timnas Malaysia di babak semifinal Piala AFF 2012 ketika melawan Thailand. Mudah-mudahan, dengan bergabungnya mereka akan membuat permainan kami semakin solid dan rancak.

Namun, untuk pertandingan terakhir penyisihan grup, kami hanya mematok hasil imbang. Karena, hasil draw saja sudah membuat tim Selangor melaju ke semifinal. Pun begitu, kita telah instruksikan kepada pemain untuk tetap mengejar kemenangan jika ada kesempatan.
* Irfan Bakti Bin Agus Salim, Pelatih Selangor FA.(yr)

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn