NEXT MATCH

schedule|under construction |
Singapura selalu menyulitkan timnas Indonesia di ajang Piala AFF. Dalam enam kali pertemuan, belum sekalipun Indonesia mengalahkan Singapura. Skuat Garuda "julukan timnas Indonesia" dua kali seri dan empat kali kalah melawan The Lions, julukan Singapura.

Dengan modal rekor buruk tersebut, Indonesia akan meladeni Singapura pada laga kedua grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, sore nanti.
Kali ini skuat Merah Putih mengusung misi mematahkan rekor buruk melawan The Lions. Apalagi pada laga perdana Bambang Pamungkas dkk hanya bermain imbang 2-2 dengan Laos.

Indonesia wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya. Di sisi lain, berbekal kemenangan 3-0 atas tuan rumah Malaysia, Singapura akan melenggang ke semifinal jika mengalahkan Indonesia.

"Saya berharap kami bisa tampil lebih baik lagi. Tapi, Singapura saat ini tentu sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah hasil mengejutkan di pertandingan pertama," kata pelatih Indonesia Nilmaizar saat konferensi pers di Kuala Lumpur, Selasa, 27 November.

Pelatih 42 tahun tersebut mengakui timnya kalah pengalaman dari skuad Singapura. Meski begitu, dia percaya semangat dan motivasi anak didiknya cukup tinggi untuk meladeni lawan. Mantan pelatih Semen Padang itu juga tak peduli dengan rekor buruk Indonesia yang tidak pernah menang lawan Singapura.

"Bisa saja lawan tim satu kami kalah, lawan tim lain kami menang. Rekor itu bukan jaminan. Kami tak mau memikirkan itu," tegas Nilmaizar.

Dia menyadari kondisi timnya sedang tertekan. Karena itu, kemarin para pemain dibebaskan dari latihan agar bisa refreshing. "Saya ingin anak-anak main lepas. Mereka sudah terlihat tenang. Fokus ke pertandingan besok (hari ini, red) tapi tak tegang," katanya.

Kubu Singapura tak kalah optimistis. Sukses mengalahkan Malaysia dengan skor telak 3-0 mengangkat kepercayaan diri para penggawa The Lions. Pelatih Radjoko Avramovic pemainnya bisa menjaga kondisi tersebut .

"Setiap laga penting bagi kami. Hanya ada tiga pertandingan, bisa meraih hasil maksimal di dua pertandingan itu adalah target kami. Setidaknya itu akan mengamankan tim untuk lolos ke pertandingan selanjutnya," terang pelatih 62 tahun tersebut.

Sementara itu, beberapa kelompok suporter yang ada di Malaysia menyatakan siap memberikan dukungan lebih besar kepada pasukan Merah Putih. Penasihat Paguyuban Solidaritas Masyarakat Jawa (Pasomaja) di Malaysia,"Makhroji Maghfur menyebut akan ada tambahan suporter saat laga melawan Singapura. "Pertandingannya lebih besar, lawannya Singapura. Saya yakin akan nambah. Saya dengar suporter lain juga siap datang dengan jumlah lebih banyak," katanya .

Viking Malaysia, kelompok suporter pendukung Persib Bandung, siap mengerahkan 400 anggotanya. Jumlah ini bertambah dari laga melawan Laos yang sekitar 200-an. Deni Mulyadi, koordinator Viking Malaysia, mengaku telah berkoordinasi dengan kelompok suporter Bonek Malaysia serta suporter dari Makassar dan Jakarta.

"Kami sudah koordinasi dengan beberapa suporter dari Malaysia. Kami yakin jumlah suporter akan bertambah. Dari kemarin (lawan Laos, Red) sekitar tiga ribuan lebih, sekarang menjadi dua kali lipatnya," ujarnya. (aam/ca/lan)

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn