Share |

FAKTA : Sejak era Piala Tiger sampai AFF Indonesia belum pernah kalahkan SIngapura

Indonesia akan berhadapan dengan Singapura dalam lanjutan babak penyisihan Grup B, AFF Suzuki Cup 2012. Duel ini akan digelar di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu, 28 November 2012.

Ini bukanlah pertemuan pertama bagi kedua tim di event yang sama. Setidaknya sejak pertama kali bergulir --masih menggunakan nama Piala Tiger-- kedua negara sudah bertarung sebanyak enam kali.

Dari enam pertemuan tersebut, Indonesia belum sekalipun mampu mengalahkan Singapura. Torehan terbaik Merah Putih saat bertemu The Lions adalah dua kali seri dan selebihnya menderita kekalahan.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Singapura di Piala AFF terjadi pada 1998. Saat itu, kedua tim bertarung di babak semifinal, dengan Singapura berhasil menutup laga dengan kemenangan tipis 2-1.

Pada Piala AFF 2004, Indonesia tercatat tiga kali bertemu Singapura. Satu pertemuan berlangsung di babak penyisihan Grup A dengan skor 0-0 dan dua lagi terjadi di babak final. Saat itu, Singapura berhasil tampil sebagai juara usai mengalahkan Indonesia pada pertemuan leg pertama dan kedua dengan skor 3-1 dan 2-1.

Indonesia kembali bersua Singapura di Piala AFF 2007. Pada penyisihan Grup B, Indonesia kembali gagal memetik kemenangan. Saat itu, Merah Putih hanya mampu memaksa Singapura bermain imbang 2-2.

Nasib lebih parah justru dialami pada pertemuan dua tahun berikutnya, yakni pada penyisihan Grup A, Indonesia menyerah 0-2. Sementara itu, di Piala AFF 2010, saat dilatih Alfred Riedl, Indonesia yang lolos ke final tidak sempat bertemu Singapura. Kala itu, pasukan Radojko Avramovic gagal melewati fase penyisihan Grup B.

Dibanding Singapura, Indonesia sebenarnya lebih sering melaju ke babak final. Namun, dari empat partai puncak yang sudah dilewati (2000, 2002, 2004, dan 2010), Indonesia kerap gagal merebut gelar juara. Berbeda dengan Singapura, dari tiga final (1998, 2004, dan 2007), yang dilalui, seluruhnya berhasil dilewati dengan gemilang.

Catatan ini tentu saja menambah berat perjuangan pasukan Nil Maizar saat bertemu Singapura, Rabu, besok. Apalagi, The Lions baru saja menunjukkan kehebatannya di laga perdana dengan mengalahkan juara bertahan sekaligus tuan rumah babap penyisihan Grup B, Malaysia 3-0. Indonesia sendiri hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Laos.

Perjuangan Indonesia semakin berat, karena harus kehilangan satu dari dua kipernya akibat mendapat kartu merah di laga perdana. Namun, hal ini tidak membuat redup semangat tim Merah Putih. Pemain senior sekaligus kapten tim, Bambang Pamungkas menegaskan, timnya akan bertarung hingga pertandingan terakhir.
"Sekarang, kami hanya punya satu kiper --mungkin saya akan menjadi kiper cadangan--. Namun, kami harus bertarung hingga laga terakhir," tegas Bambang seperti dilansir situs resmi AFF Suzuki Cup 2012.
Pertemuan Indonesia vs Singapura di Piala AFF 1998 Semifinal
Indonesia vs Singapura : (Miro) 1-2 (Rafi, Nazri)
2004
Babak penyisihan
Indonesia vs Singapura Grup A : 0-0
Babak Final
Indonesia vs Singapura : (Mahyadi) 1-3 (Bennett, Khairul, Casmir)
Singapura vs Indonesia : (Indra, Casmir) 2-1 (Ellie)
2007
Penyisihan Grup B
Indonesia vs Singapura : (Indra, Alam Shah) 2-2 (Ilham, Zaenal)
2008
Penyisihan Grup A
Indonesia vs Singapura : 0-2 (Baihaki Khaizan dan Shi Jiayi)
(art)
Share on Google Plus

About 12paz