Share |

DIPUTUSKAN : Semen Padang ke AFC, Persibo 'playoff'

- Indonesia mendapat jatah satu tiket tampil langsung dan satu tiket playoff tampil di Piala AFC 2013. Tiket tampil langsung di Piala AFC 2012 akan diberikan pada Semen Padang sebagai juara Indonesian Premier League (IPL), sedangkan jatah playoff diberikan kepada Persibo Bojonegoro sebagai jawara Piala Indonesia.

Demikian diputuskan dalam sidang Komite Adhoc Sepakbola Profesional AFC di markas AFC, Kuala Lumpur, baru-baru ini. Untuk Liga Champions Asia (LCA), Indonesia tidak mendapatkan slot tampil setelah PSSI meminta AFC tidak membahas poin penilaian atas klub Indonesia sebagai syarat tampil.

Anggota Komite Adhoc Sepakbola Profesional AFC wakil Indonesia, Widjajanto, mengungkapkan satu jatah playoff bagi Persibo bisa berubah menjadi tiket tampil langsung di babak utama jika Australia memutuskan tidak ambil bagian di Piala AFC. Keputusan Australia ditunggu hingga 29 November nanti.

Widjajanto, juga CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), menjelaskan pihaknya meminta AFC agar tidak membahas perolehan poin klub Indonesia dalam sesi pembahasan jatah tampil di LCA.

"Poin yang didapat Indonesia dari hasil penilaian AFC sangat rendah dan jauh di bawah passing grade AFC 600. Poin klub Indonesia hasil penilaian AFC tahun 2010 hanya 286. Jika kami ngotot agar Indonesia juga dimasukkan dalam pembahasan, risikonya klub Indonesia tidak bisa tampil dua tahun di Liga Champions Asia tahun 2013 dan 2014,” ungkapnya.

"Kurang poinnya terlampau jauh sehingga sulit mengatrolnya. Itu sebabnya, kami meminta AFC agar kami di-ignore (diabaikan) dulu dan memohon mendapat kesempatan penilaian kembali tahun 2013. Harapannya, dengan penilaian yang kami usulkan dimulai Februari 2013, klub Indonesia bisa tampil lagi tahun 2014 karena AFC masih memasukkan Indonesia dalam anggota negara LCA," papar Widjajanto.
Share on Google Plus

About 12paz