Share |

Persiba Bantul : Di IPL pesertanya Klub-klub gak Berkualitas , Penonton jadi sepi ,....

Persiba yang sudah selama semusim ikut serta dalam kasta tertinggi Indonesia Premier League (IPL) ternyata tak membuat sektor pendapatan dari tiket penonton mengalami kenaikan. Hasilnya justru jauh dari yang diharapkan bahkan pendapatan tiket tidak jauh berbeda seperti saat tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini masih berkutat di Divisi Utama Indonesian Super League (ISL).

Bendahara Persiba Yulianto mengatakan, saat promosi ke strata tertinggi, Persiba memilih ke IPL dengan harapan bisa meraup pendapatan dari tiket penonton sebesar Rp2 miliar saat partai kandang. Namun sampai berakhirnya kompetisi, target Rp2 miliar tersebut tidak tercapai. "Semusim sokongan pendapatan dari tiket penonton hanya menyumbang sebagian kecil saja," katanya, Sabtu (6/10/2012).

Yulianto menilai, ada beberapa alasan yang menyebabkan jumlah kehadiran penonton Persiba di Stadion Sultan Agung, markas Persiba minim. Faktor yang paling berpengaruh adalah pada musim 2011/2012 saat terjadi dualisme kompetisi antara IPL dan ISL. Persiba yang menjadi kampiun Divisi Utama ISL 2010/2011 memilih ke IPL ternyata tidak mampu mendongkrak animo penonton.

Konstestan IPL tidak banyak dihuni tim-tim ternama seperti konstestan ISL. "Suporter akan berbondong-bondong ke stadion jika lawannya Persiba tim berkelas seperti Persema Malang, Persebaya atau Semen Padang. Tapi kalau Persiba lawannya hanya tim-tim biasa, penonton ya sepi," jelas Yulianto.

Dia menambahkan, faktor sepinya penonton juga disebabkan saat Persiba ditayangkan secara live oleh TV swasta. Banyak penonton lebih memilih menontonnya di layar kaca di rumah dari pada datang ke stadion. "Harus diakui saat disairkan di TV, jumlah penonton di stadion sedikit," imbuhnya.

Menurut dia, agar musim depan jumlah penonton membludak, manajemen perlu mendatangkan pemain berkelas. Kehadiran pemain dalam skuad berjersey Merah-merah bakal menjadi magnet bagi penonton untuk bersedia datang ke stadion. Untuk belanja pemain musim depan, Persiba mengalokasi anggaran Rp8 miliar. Angka ini lebih banyak dibanding musim sebelumnya yang hanya Rp7 miliar.



(akr)
Share on Google Plus

About 12paz