Share |

Surat Bonek tentang Tragedi Lamongan


Tragedi tewasnya anggota LA Mania dalam insiden dengan bonek, Sabtu (22/1/2011), cukup menyita perhatian publik. Bonek dinilai sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas insiden tersebut. Lantas bagaimanakah tanggapan pihak bonek. Andhi Mahligai, seorang bonek asal Magetan yang saat ini tinggal di Jakarta, menulis sebuah pengakuan menarik.

Dia menuturkan tentang asal mula insiden tersebut. Bahwa, insiden merupakan rangkaian dari peristiwa lain yang sebelumnya telah terjadi. Artinya, insiden tersebut tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada kesejarahan yang melatarbelakanginya.

Dia sendiri tetap tidak membenarkan adanya kekerasan antarsuporter. Dia juga memimpikan bonek menjadi satu entitas tunggal dalam satu payng organisasi. "Satu payung lebih mempermudah dalam hal koordinasi, konsolidasi, edukasi, bahkan mungkin advokasi pada bonek yang tertimpa masalah hukum. Tour away juga lebih bisa tertata, sehingga ekses-ekses negatif yang berpotensi muncul saat tour bisa diminimalisir," demikian dia menulis. [but]
Share on Google Plus

About 12paz