Share |

Nurdin: Saya Pernah Ingin Mundur dari PSSI


Prestasi sepak bola nasional yang buruk pernah membuat Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Nasional (PSSI), Nurdin Halid berniat untuk mundur.

Namun, Nurdin membatalkan niatnya itu karena merasa harus bertanggung jawab memperbaiki PSSI yang miskin prestasi.

"Suatu saat saya bilang kepada Nirwan (Wakil Ketua Umum PSSI), sudah lah kita berhenti saja, kita serahkan PSSI kepada orang yang merasa mampu," kata Nurdin saat ramah-tamah timnas dengan keluarga Bakrie di Jakarta, Senin 20 Desember 2010.

Tapi, kata dia, Nirwan justru melarangnya untuk mundur dari jabatannya sebagai ketua umum tersebut. Nirwan, lanjut dia, justru memberikan semangat kepada Nurdin untuk terus melanjutkan program-programnya.

"Dia (Nirwan Bakrie) mengatakan, ketika perahu oleng, kita tidak boleh tinggalkan perahu itu. Kita harus tetap di perahu sampai perahu bersandar di dermaga. Setelah itu kita serahkan kepada orang yang mampu," kata Nurdin menirukan masukan yang diberikan Nirwan kepadanya.

Menurut dia, peran Nirwan dan keluarga Bakrie dalam persepakbolaan nasional cukup besar. Dia mengatakan, keluarga Bakrie telah menjadi donatur tetap bagi keberlangsungan PSSI dan persepakbolaan nasional. "Susah senang keluarga Bakrie, tidak pernah mengenal lelah membantu persepakbolaan nasional," kata dia.

Nurdin menambahkan, selama tujuh tahun kepemimpinannya, keluarga Bakrie telah menjadi donatur yang membiayai mayoritas kegiatan tim nasional. "Sekitar 90 persen biaya timnas, semua kelompok umur, bisa mengikuti seluruh even internasional karena sumbangsih keluarga Bakrie," kata dia.

Sementara itu, tuan rumah ramah-tamah tersebut, Aburizal Bakrie meminta Nurdin bisa memahami dan menerima kritik yang datang dari masyarakat selama ini. Menurut dia, kritik itu harus dijadikan semangat untuk membangun PSSI. "Karena kritik masyarakat sebagian besar ingin membangun PSSI, agar semakin besar," kata dia.

Ical, sapaan Aburizal Bakrie, menilai keberhasilan timnas mencapai partai final Piala AFF 2010 merupakan bentuk kesinambungan program PSSI selama ini. "Ini adalah program, kalau ada yang bilang saya bisa berbuat langsung itu sulap namanya," kata dia. (umi)

Share on Google Plus

About 12paz