Share |

AFC Berharap Pada Fanatisme Aremania


Sebuah tugas berat, tampaknya bakal diemban Aremania, suporter fanatik Arema. Bagaimana tidak, badan sepakbola Asia, Asian Football Confederation (AFC), berharap Aremania mampu meningkatkan animo penonton di gelaran AFC Champions League (Liga Champion Asia) yang dinilai mulai menurun.

Penegasan itu disampaikan Competition Director AFC, Tokuaki Suzuki kepada perwakilan Arema Indonesia Football Club (AIFC), Abriadi Muhara (pelaksana harian PT Arema Indonesia) dan Sudarmaji (media officer).

Suzuki saat berbincang singkat dengan perwakilan Arema mengatakan, pada laga yang digelar AFC tahun 2009, jumlah total penonton rata-rata setiap pertandingan sebanyak 11.000-an orang dari tiga kali pertandingan. Tahun 2010 menurun drastis sebesar 74 persen, yakni rata-rata hanya dilihat sekitar 2.900 penonton.

Usai presentasi pada kegiatan AFC Elite Education Seminar 2011 di Hotel Hilton Petaling Jaya Kualalumpur kemarin, Suzuki sudah mengetahui suporter Arema Indonesia, yakni Aremania merupakan suporter fanatik dan memiliki jumlah yang besar.

’’Karena itu, kami yakin kehadiran Arema Indonesia di Grup G, akan menaikkan spectator (penonton, Red), setelah sebelumnya turun drastis,’’ katanya sambil mengucapkan selamat kembali gabung di kompetisi LCA tahun ini, kepada Arema.

Suzuki menambahkan, Indonesia tercatat tertinggi jumlah penontonnya di kawasan Asia Tenggara. Hanya Singapura yang mencatat rata-rata jumlah penonton agak banyak sekitar dua ribuan, tapi tahun ini turun hanya 26 persen.

Sedangkan jumlah rata-rata penonton terbesar tahun ini ditempati China dengan lebih dari 20 ribu penonton, tapi hanya mengalami ke naikan 8 persen dibanding tahun lalu.

Prosentase tertinggi kenaikan di Saudi Arabia, naik 50 persen dari rata-rata jumlah yang menikmati sepak bola tahun 2009, tahun 2010 menjadi sekitar 19 ribuan.

Dengan dipastikan jumlah Aremania yang menonton akan membludak, utamanya saat laga home di Stadion Kanjuruhan, Suzuki mengingatkan agar suporter jangan melakukan perilaku buruk di lapangan.

Suzuki berpesan utamanya agar suporter tidak membawa atau menyalakan fireworks, atau mercon, kembang api, sebab sesuai aturan FIFA, pelanggaran sangat berat.

Dalam seminar hari pertama kemarin, acara dibuka oleh pejabat teras AFC. Mr Hasan Abdullah, dalam kesempatan itu, Hasan mengatakan bahwa AFC bertekat terus meningkatkan kualitas kompetisi, agar tim-tim di kawasan Asia mampu berbicara di level kompetisi dunia menyaingi klub-klub Eropa dan Amerika Latin. Untuk, AFC akan terus melakukan pembinaan terhadap klub untuk lebih profesional, serta pembinaan kualitas pemain.

Selain itu, secara resmi Arema mengajukan Stadion Kanjuruhan di Kepanjen Kabupaten Malang, sebagai venue laga di Liga Champion Asia (AFC Champions League) musim 2011.

Bukan itu saja, Arema juga mengajukan jadwal kick off laga yang diikuti tim-tim terbaik di Asia itu, pada 15.00 WIB. Padahal di banyak negara, kick off biasanya digelar malam hari.

Arema sendiri di LCA 2011, akan tergabung di grup G bersama Cerezo Osaka Jepang, Jeonbuk Hyundai Motors Korea dan Shandong Luneng China.

‘’Kami memang mengajukan Stadion Kanjuruhan sebagai stadion resmi untuk LCA nanti. Termasuk jam kick off kami ajukan pada 15.00 WIB,’’ ujar Sudarmaji, media officer Arema, kepada Malang Post, kemarin via sambungan internasional.

Dalam presentasi di Hotel Hilton Petaling Jaya Kuala Lumpur tersebut, Arema diwakili pelaksana harian Abriadi Muhara. Presentasi itu termasuk bagaimana klub Arema itu sendiri, akomodasi dan transportasi menuju ke Malang.

‘’Termasuk kami juga membawa berkas-berkas dan slide seputar Stadion Kanjuruhan dan Arema. Karena peserta lainnya juga seperti itu,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan Arema Indonesia, Abriadi dan Sudarmaji juga saling berkenalan dengan tim lain yang akan bertemu di Grup G.

Sementara itu, tim-tim pesaing Arema yakni Cerezo Osaka Jepang akan memakai Nagai Stadium Osaka, Jeonbuk Hyundai Korea menggunakan Jeonju World Cup Stadium dan Shandong Luneng China, memakai Shandong Sports Centre Stadium, Jinan
Share on Google Plus

About 12paz