Share |

Garansi Belanda dan Inggris ke Indonesia


Timnas Indonesia mengklaim akan menghadapi Belanda dan Inggris pada tahun depan. Namun, rencana itu bisa direalisasikan kalau laga Merah Putih kontra Uruguay terlaksana.

Merah Putih sebelumnya gagal menggelar uji coba kontra Manchester United (MU) lantaran bom pada Juli 2009.Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes mengungkapkan, uji coba internasional perdana menjadi pertaruhan kepercayaan dunia internasional. Sebab, beberapa negara menolak berkunjung ke Indonesia karena jaminan keamanan. ”Semoga bom tidak lagi muncul. Kami ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat internasional. Beberapa negara masih saja menanyakan kondisi keamanan Indonesia setelah kegagalan MU bermain di sini,” ungkap Nugraha kemarin. Nugraha menambahkan, timnas saat ini sudah mendapatkan garansi KNVB.Tahun depan timnas Belanda bersedia berkunjung ke Indonesia saat menjalani tur Asia pada Juni 2011.

Jaminan itu diberikan CEO KNVB Bert Van Oostleeven saat timnas menjalani seleksi pemain naturalisasi.”Kami sudah bertemu Oostleeven. Saat itu, dia bilang akan ke Asia tahun depan. Langsung saja kami mendaftar.Respons positif langsung muncul dan Oostleeven akan menempatkan Indonesia sebagai prioritas.Tapi,semua juga kembali pada kesuksesan laga kontra Uruguay,”lanjut Nugraha. Bukan hanya De Oranje—julukan Belanda—, timnas juga mendapatkan angin segar dari Inggris.The Three Lions—julukan Inggris—juga menjamin akan singgah di Indonesia saat menjalani tur Asia pada Juni 2011.

”Kami juga sudah mendapatkan konfirmasi dari Inggris. Indonesia tahun depan akan didatangi Inggris pada bulan sama. Mereka akan ke Thailand dan mampir ke sini. Tapi, kami masih kesulitan mendatangkan Chelsea. Rata-rata mereka masih menanyakan kondisi terakhir di sini meski tahu market di Indonesia sangat besar,”ujar Nugraha. Hanya,PSSI saat ini memang masih menunggu kejelasan status perizinan uji coba timnas kontra Uruguay. Nugraha juga mengatakan beberapa uji coba lainnya tetap digelar di dalam negeri.Setelah menjalani dua uji coba tersebut,Merah Putih akan menghadapi China pada 21 November,lalu tiga hari berikutnya menghadapiTimor Leste.

Namun, timnas terpaksa menampik tawaran uji coba tandang kontra Kuwait,Vietnam,dan India. Bahkan,Ketua BTN Iman Arif juga mengatakan bahwa uji coba timnas kontra LA Galaxy mengalami revisi pada 13 Desember. (wahyu argia)
Share on Google Plus

About 12paz