Share |

Pelatih Arema Belum Banyak Opsi


Setelah sukses membenamkan PSM Makassar di laga pembuka Inter Sland Cup (IIC) 2010, target Arema Indonesia berikutnya adalah memulangkan Persiwa Wamena di pertandingan kedua pada Selasa (31/8/2010) nanti.

Pelatih Miroslav Janu sudah bertekad melanjutkan trek lurus timnya. Apalagi tiga pemain asing kemarin sudah ikut sesi latihan di Stadion Gajayana, yakni Pierre Njanka, Muhammad Ridwan dan Esteban Guillen. Pertanyaannya, apakah ketiganya siap berlaga setelah menempuh perjalanan dari negaranya sekaligus libur panjang?

Miro mengatakan, masih belum banyak memiliki opsi. Pelatih berpaspor Republik Ceske tersebut masih buta kondisi ketiga pemain asing yang sudah bergabung. "Saya tidak tahu apakah mereka latihan sendiri saat liburan. Saya lihat dulu kondisinya beberapa hari ini," imbuhnya saat dihubungi, Sabtu (28/8/2010).

Idealnya, dijelaskan, selama libur kompetisi pemain mendapai personal program berupa latihan fisik untuk menjaga stamina. Misal selama tiga minggu libur kompetisi, pemain seharusnya mendapat seminggu latihan fisik secara rutin. Nyatanya semua pemain yang liburan tidak mendapat personal program sehingga porsi latihan selama liburan tak terpantau.

Inilah yang menjadikan Miro masih belum bisa memastikan layak-tidaknya mereka merumput kontra Persiwa. Seandainya ketiganya belum optimal, ia tetap mempertahankan komposisi kala mengalahkan PSM Makassar. Toh menurutnya kemampuan pemain yang diturunkan sudah di atas rata-rata.

Pelatih yang menggemari rendang dan sate ini mengakui ada beberapa titik lemah dalam komposisi yang diturunkan di laga perdana lalu. Yang paling mencolok adalah lemahnya penyerang Dendy Santoso, Sunarto, maupun pemain rekrutan baru Amiruddin. Juga winger yang memaksakan Musafri karena absennya Muhammad Ridwan.

"Secara motivasi dan organisasi tim, mereka sudah lumayan. Tapi masih ada kelemahan yang harus saya selesaikan. Terlepas dari itu semua, saya yakin ada perbaikan permainan melawan Persiwa nanti," imbuh mantan pelatih PSM Makassar tersebut.

Arema sendiri masih menunggu kedatangan dua striker impor, yakni Roman Chmelo dan Noh Alam Syah. Roman dijadwalkan tiba di Malang awal pekan ini. Sedangkan Noh yang akrab disapa Along belum ada kepastian kapab bergabung tim. Malah dikabarkan Along meminta kepada manajemen bisa kembali ke Kota Apel setelah Lebaran.

Miro sendiri hanya menggelengkan kepala disinggung kembalinya Along. Sementara itu, kemarin siang Arema kembali menambah amunisi dengan menyodorkan kontrak kepada mantan bek Deltras Sidoarjo Gunawan. Pemain bertahan ini sudah sekitar tiga pekan mengikuti seleksi di Singo Edan. Kini Arema masih melihat kemampuan bek Leonard Tupamahu sebelum memutuskan kontrak atau tidak.

"Gunawan sudah teken kontrak. Sedangkan Leo (Leonard Tupamahu) masih menunggu rekomendasi dari pelatih. Keputusannya mungkin tak lama lagi," tutur Direktur Bisnis Arema Indonesia, Siti Nurzanah. (far)
Share on Google Plus

About 12paz