Share |

Arcan Iurie : Liga Super Musim 2010-2011 Bakal "Panas"


Pelatih asal Moldova, Arcan Iurie, menilai kompetisi Liga Super Indonesia musim depan (2010-2011) akan berlangsung ketat dan panas, mengingat sejumlah tim papan atas benar-benar serius mempersiapkan timnya dengan merekrut pelatih berkualitas.

"Setidaknya kita bisa melihat lima tim papan atas yang sedang memacu kualitas timnya dengan merekrut pelatih berkualitas. Kompetisi LSI nanti akan berjalan ketat dan panas," ujar Arcan Iurie di Jakarta, Sabtu.

Arcan Iurie, yang merupakan mantan pelatih Persib, Persebaya, dan Semen Padang, menyebut tim-tim papan atas tersebut adalah Arema Indonesia, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Persib Bandung.

"Coba kita lihat untuk apa Sriwijaya merekrut Ivan Kolev, Persija menarik Rahmad Darmawan, PSM memilih Robert Rene Albert, sedangkan Persib merekrut pelatih baru Darko Jankovic. Tentu hal ini menggambarkan semuanya ingin menjadi juara pada musim depan," ujar Iurie saat menghadiri acara buka puasa bersama di rumah kediaman Presdir PT Liga Indonesia Andi Darussalam Tabusala.

Lebih jauh Arcan melihat peta persaingan di jajaran Divisi Utama Liga Indonesia juga akan berjalan ketat, mengingat beberapa tim yang terdegradasi tahun 2009-2010 tentunya ingin kembali ke level tertinggi kompetisi Liga Super Indonesia.

"Persebaya Surabaya pun tentu akan mempersiapkan tim lebih baik lagi setelah terdegradasi. Demikian pula Persik Kediri yang lolos dari degradasi, mereka sekarang rekrut Jaya Hartono," ujarnya.

Arcan Iurie yang juga pernah mengantarkan Persija mencapai runner-up Liga Indonesia pada tahun 2005 secara jujur mengatakan, persepakbolaan Indonesia merupakan "surga" bagi para pelatih asing dan juga pemain asing.

"Hidup di Indonesia ini enak. Berbagai fasilitas ada dan harganya relatif murah. Saya saja masih punya kesempatan untuk refreshing sambil memancing (ikan) di tempat pemancingan umum di Kediri yang cukup baik," ujar Iurie mencontohkan.

Arcan Iurie sendiri terakhir kali berhasil mengantarkan tim Semen Padang promosi ke jajaran Liga Super Indonesia untuk musim depan. Namun hingga kini ia belum menangani tim mana pun di persepakbolaan Indonesia.
Share on Google Plus

About 12paz