Share |

Miro Minta Asing Arema Segera Gabung


Kombinasi pemain Arema memang sudah komplit, termasuk lima pemain asingnya. Namun sudah hampir seminggu ini, headcoach Arema, Miroslav Janu belum pernah melihat latihan timnya dalam kondisi komplit.
Selain empat pemain lokal gabung seleksi Timnas, lima pemain asing Arema masih pulang kampung. Untuk itu, Miro mulai gerah dengan belum kembali pemain-pemain yang bakal menjadi tumpuan Singo Edan ini.
Pelatih asal Republik Ceko ini pun memaksa manajemen agar segera memastikan mereka kembali. Khususnya pemain asing, yang selama libur dikhawatirkan tak ada agenda latihan. Dampaknya bisa mempengaruhi performa mereka di Arema.
‘’Saya ingin mereka secepatnya kembali, karena mereka sudah libur terlalu panjang dan kompetisi sudah dekat,’’ ungkap Miro yang selama seminggu ini mengkondisikan pemainnya dengan latihan fisik.
Keinginan pelatih berlisensi A Pro UEFA ini cukup beralasan agar semua pemainnya mendapatkan persiapan yang sama, khususnya menyangkut persiapan fisik. Disusul mulai minggu depan, program Arema selanjutnya adalah ujicoba.
Tapi karena start latihan yang tak bersamaan ini, bisa membuat kacau program yang telah disusun Miro. Pantas saja, usai latihan di stadion Gajayana, kemarin pagi, Miro minta ketegasan manajemen perihal rencana kedatangan pemainnya itu.
‘’Ya, Miro minta pemain asing segera kembali. Tapi kita juga kesulitan karena inilah kebudayaan di Indonesia, kedatangan pemain asing ini selalu tidak bersamaan,’’ sebut asisten pelatih Arema, Joko Susilo, kemarin pagi.
Mantan asisten pelatih Robert Alberts di musim lalu ini pun hanya bisa menjelaskan prakiraan kembalinya pemain-pemain asing ini. Seperti Pierre Njanka dan Esteban, menurut Joko rencananya akan datang Selasa (24/8) depan.
‘’Untuk Noh Alamshah dan Ridhuan menurut rencana akan datang tanggal 28 Agustus nanti. Sedangkan Chmelo Roman rencananya datang awal September nanti, yaitu antara tangga 1 atau 2 September,’’ terang pria yang akrab disapa Gethuk ini.
Lain lagi saat konfirmasi pada manajemen Arema. Pierre Njanka diperkirakan datang lebih awal yaitu Senin (23/8) besok. ‘’Insya Allah, Njanka datang tanggal 23 Agustus,’’ sebut Direktur PT Arema Indonesia, Siti Nurzanah.
“Kalau Noh Alamshah dan Ridhuan memang izin sampai tanggal 26 Agustus. Untuk Esteban dan Roman sepertinya datang sekitar tanggal itu juga,’’ sambung wanita berjilbab ini mengaku sempat berkomunikasi dengan beberapa pemain asing Arema itu.
Sementara itu, beberapa hari lalu, Miro mengaku mendapatkan informasi bahwa para pemain asing itu akan kembali sekitar tanggal 28 Agustus. Bagi pelatih yang sangat mengedepankan urusan fisik ini, kedatangan mereka sudah terlambat.
Namun persoalan sebenarnya, tidak sekadar untuk urusan latihan. Miro juga mendapat informasi jika pemain-pemain asingnya, masih terus dilirik klub lain. Diantaranya PSM yang gethol ingin ’membajak’ Njanka.
Pasalnya, dari informasi yang diperoleh Miro, pemain-pemain kunci ini belum juga teken kontrak resmi di Arema. Untuk itu, pada kesempatan kemarin pagi, Miro mempertanyakan status kontrak pemain asing tersebut. (bua/avi)
Share on Google Plus

About 12paz