Share |

Kim dan Irfan Selangkah Lagi Bela Timnas U-23


Timnas Indonesia memberikan kuota bagi pemain naturalisasi.Mereka diputuskan bergabung dengan timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games (SEAG) 2011.

Timnas memiliki tiga amunisi asing berdarah Indonesia yang paspornya siap diputihkan.Mereka adalah Serginho van Dijk, Kim Jeffry Kurniawan,dan Alessandro Trobucco. Irfan Bachdim sudah berpaspor lokal. Minus Serginho, tiga nama tersebut sudah unjuk kualitas saat bertanding di Charity Game,Rabu (4/8). Irfan yang bergabung bersama tim Garuda Merah berhasil mencetak dua gol pada menit kedelapan dan menit ke-75.Tim Garuda Merah akhirnya menang 4-1 atas Garuda Putih.

Asisten Pelatih Timnas Wolfgang Pikal mengungkapkan, kemampuan ketiga pemain berdarah Indonesia itu sudah diketahui. Kim dan Irfan paling berpeluang masuk timnas. Namun, mereka hanya diproyeksikan bergabung dengan Merah Putih muda yang akan berlaga di SEAG. ”Kami sudah melihat bagaimana mereka bermain di Charity Game. Dari tiga nama, hanya Kim dan Irfan yang berpeluang.

Mereka tetap bermain ngotot.Rencananya, mereka akan dimasukkan ke timnas U-23. Ini sesuai pertimbangan usia mereka yang masih muda,” ungkap Wolfgang kemarin. Persiapan timnas U-23 memang baru dimulai awal Januari depan, meski Merah Putih sedang menyusun kerangka tim untuk Piala AFF 2010.Wolfgang menambahkan, Alessandro dinilai masih terlalu hijau.Penampilan perdananya di Charity Game juga dinilai tidak terlalu menggigit.

”Selagi menunggu Januari depan, Kim bisa menyelesaikan masalah administrasi kewarganegaraan. Alessandro masih terlalu muda karena baru 16 tahun. Dia juga harus memperbaiki performa. Tapi, kami akan rapat dengan tim pemandu bakat untuk memastikan siapa nama yang masuk,” lanjut Wolfgang. Bukan hanya timnas U-23, Merah Putih juga sudah menetapkan 15 nama dari Piala Indonesia.

Mereka berasal dari Sriwijaya FC, Arema Indonesia, Persik Kediri, dan Persipura Jayapura. Dari 25 nama, sepuluh amunisi di antaranya muka baru. Artinya, mereka belum pernah bergabung dengan Merah Putihsenior. Striker Persik Kediri Yongky Aribowo sebelumnya sudah mendapatkan jaminan kuota di timnas.

Bersama Macan Putih–julukan Persik– musim ini Yongky sudah merumput 2.408 menit atau 67% dengantotal11goldisemuakompetisi. Potensi muka baru lainnya adalah amunisi Arema Benny Wahyudi. Benny belum pernah berkostum timnas dan total bermain untuk Singo Edan–julukan Arema–dengan durasi 3.077 menit atau 73%. Peluang sama dimiliki Ahmad Bustomi yang bermain 3.132 menit atau 75% sepanjang musim ini.

Satu kuota lainnya tampaknya bisa diberikan kepada mesin gol Singo Edan M Fakhrudin. Fakhrudin sudah merumput 2.858 menit atau 67%. ”Siapa nama yang akan dicoret baru diputuskan malam nanti, termasuk dua pemain Persiwa Wamena.Kami memberikan kuota bagi sepuluh muka baru. Mereka memang pernah bermain untuk timnas U-23. Biar BTN saja yang mengumumkan kepastian 25 nama itu karena mereka saat ini sudah pegang daftarnya,”tandasnya. (wahyu argia)
Share on Google Plus

About 12paz