Share |

Belum Berhenti Kejar Sergio Van Dijk


Badan Timnas Nasional (BTN ) serius dengan rencana naturalisasi. Salah satu pemain yang saat ini serius untuk diajak pindah kewargenagaraan adalah Sergio van Dijk. Pemain yang beberapa waktu lalu sudah datang ke Indonesia itu saat ini berstatus warga negara Belanda, tapi punya darah Indonesia.

"Kami terus menjalin komunikasi dengan Sergio. Dia sudah menyatakan kesiapannya membela timnas Indonesia," kata Iman Arif, ketua BTN, kemarin (30/8).

"Kami berupaya agar dia bisa memperkuat timnas senior di Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) 2010 pada Desember mendatang. Karena itu, kami akan berupaya proses naturaliasinya bisa tuntas pada November," sambungnya Iman.

Menurut dia, kendala yang dihadapi Sergio adalah masalah anak dan istri yang warga Belanda. Tapi, tambahnya, secara pribadi dia tidak masalah menjadi warga Indonesia.

"Sebab, kesempatan bagi dia untuk menembus ketatnya persaingan di timnas Belanda. Dia harus bersaing dengan banyak penyerang kelas dunia," bebernya.

Melihat perjalanan karir Sergio, lanjut Iman, tim pelatih timnas tidak lagi melakukan proses seleksi kepada pemain 28 tahun itu. Kapasitasnya sebagai pemain depan tidak perlu diragukan lagi. Pada musim 2008-2010, Sergio memperkuat salah satu klub papan atas Liga Australia Brisbane Roar. Dari 53 pertandingan pemain bertinggi 186 sentimeter itu mencetak 26 gol.

Selain Sergio, BTN berburu 4-5 pemain keturunan Indonesia lagi yang berkompetisi di Liga Belanda. BTN sudah bekerja sama dengan KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) untuk menyeleksi para pemain berdarah Indonesia yang saat ini bertebaran di Belanda. September mendatang, rencananya, Iman dan pelatih timnas Alfred Riedl terbang ke Belanda untuk melihat dan bernegosiasi dengan para pemain keturunan itu.

"Kami berharap ada empat sampai lima pemain yang benar-benar berkualitas bersedia dinaturalisasi. Kami akan menjelaskan kepada mereka apa saja konsekuensi jika mereka bersedia dinaturalisasi," beber Iman.

Terkait program naturalisasi, BTN kabarnya juga akan menindaklanjuti kabar pengajuan naturalisasi yang pernah dilakukan bomber Persib Bandung Christian Gonzalez. Pemain asal Uruguay itu sudah memenuhi syarat mengajukan kewarganegaraan Indonesia, yaitu lebih dari lima tahun berturut-turut tinggal di Indonesia. Pemain yang merumput di Liga Indonesia sejak 2003 itu juga menikah dengan wanita Indonesia. Tapi, sepertinya respons terhadap keinginan naturalisasi Christian Gonzalez sudah telat. Sebab, saat ini dia sudah menapaki usia 33 tahun. (ali/c2/diq)
Share on Google Plus

About 12paz