Share |

Timnas Terbaru Didominasi Amunisi Perang Bintang


Komposisi pemain yang akan menjalani training camp (TC) timnas Indonesia dominasi eks amunisi Perang Bintang Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010.

Skuad Merah Putih juga menyelipkan beberapa muka baru. Timnas akan menggelar TC mulai 8 Agustus nanti.Agenda itu molor sepekan dari rencana awal.Komposisi 25 pemain yang akan mengikuti TC rencananya diumumkan paling lambat 1 Agustus. Badan Tim Nasional (BTN) mengklaim, 80% komposisi calon pilar timnas adalah mantan pemain yang main di Perang Bintang.Minus Arema Malang dan empat amunisi asing sedikitnya 14 nama lokal terlibat dalam pertandingan tersebut.Ketua BTN Iman Arif mengungkapkan, timnas tetap didominasi muka lama.

”Semua pemain yang ikut Perang Bintang dan tercatat ikut seleksi akan mengikuti TC awal timnas. Mereka yang akan mengisi lineup 25 pemain.Mayoritas memang masih dihuni muka-muka lama.Mereka juga sering jadi pilar timnas tahun lalu,”kata Iman kemarin. Mengacu komposisi Perang Bintang itu,Persija Jakarta berpeluang mengirimkantigawakilnya.Mereka adalahBambang’Bepe’Pamungkas, M Ilham,dan Firman Utina.Namun, dengan catatan kontrak mereka diperpanjang sampai ISL 2010/2009. Memakai asumsi serupa,Persib Bandung juga berpeluang menjadi donatur terbanyak dengan enam amunisi.

Arema juga bisa menjadi penyumbang terbanyak lainnya dengan empat nama.Iman menambahkan, timnas tetap memasukan beberapa nama lain. ’’Kami tetap memasukan beberapa pemain muda potensial.Mereka sebelumnya sudah ikut seleksi. Tapi,pengumuman nama-nama mereka tetap menunggu pelatih. Rield (Alfred Riedl,pelatih timnas) rencananya Rabu (28/7) besok sudah berada di Jakarta.Lalu,rapat koordinasi akan dilakukan dua hari berikutnya. Baru setelah itu nama 25 pemain resmi dirilis,”paparnya. Pasukan Merah Putih tidak menutup mata kepada potensi muda. Striker Persik Kediri Yongky Aribowo yang juga sempat mengikuti seleksi tampaknya berpeluang mengisi kuota lain.

Performa Yongki di Djarum ISL 2009/2010 cukup bagus. Bersama Macan Putih, julukan Persik, pemain berusia 20 tahun itu sudah merumput selama 1.718 menit atau 56% dengan melesakkan tujuh gol. Satu tempat lain bisa jadi milik mantan pemain Persiba Balikpapan Feri Ariawan. Feri memiliki kontribusi 2.184 menit atau 71% plus tujuh gol untuk Persiba. Potensi young guns milik Persipura Jayapura juga layak mengisi 25 nama daftar timnas,seperti Stevie Bonsapia. Persipura musim 2009/2010 memberikan porsi bermain 1.358 menit atau 44% kepada Stevie.Namun, skuad Merah Putih tampaknya juga masih membuka pintu bagi gelandang Sriwijaya FC Ponaryo Astaman, meski tidak masuk line-up Perang Bintang.

Iman mengatakan,timnas juga berencana memasukan minimal dua nama hasil naturalisasi. Setelah mengumumkan 25 nama awal, skuad Merah Putih akan menambah kuota sepuluh pemain yang bermain di Piala Indonesia 2010 pada 10 Agustus nanti. Namun, nama tersebut kemudian diseleksi lagi menjadi 25 pada 24 Agustus. ’’Kami akan memperjuangkan dua atau tiga pemain hasil naturalisasi agar masuk timnas. Kami saat ini terus melengkapi dokumen- dokumen mereka. Kami juga akan berkoordinasi dengan KNVB agar hak pemain yang dinaungi mereka tidak dicabut di Belanda dan Eropa,”tandasnya. (wahyu argia)
Share on Google Plus

About 12paz