Share |

PSPS Rekrut Josh Maguire


Manajemen PSPS Pekanbaru sempat menutup kran bagi perekrutan pemain baru di putaran II kompetisi musim ini, seiring dengan berakhirnya jendela transfer pada 28 Februari kemarin.

Manajemen PSPS menegaskan tidak akan menambah pemain untuk memperkuat skuad di sisa laga kompetisi ini. Namun pernyataan itu rupanya tidak keputusan akhir. Karena ternyata, PSPS secara diam-diam menambah satu pemain baru.

Ya, amunisi baru yang masuk dalam skuad PSPS itu adalah pemain asing, Josh Maguire, yang sebelumnya merumput bersama Persebaya Surabaya. Perekrutannya hanya menggunakan sistem pinjam pakai dari manajemen Persebaya Surabaya. Artinya, manajemen PSPS tidak mengontrak Josh, namun manajemen hanya membayar gajinya. Sementara kontraknya tetap di bawah naungan manajemen Persebaya Surabaya.

Perekrutan pemain asal Australia ini dibenarkan Asisten Manajer PSPS, Dityo Pramono kepada Tribun, Rabu (3/3) di Jakarta. Menurutnya, perekrutan Josh semata-mata untuk menambah daya dobrak PSPS di putaran II ini.

Terutama untuk sektor tengah yang selama ini dinilai masih kurang kuat. Dengan bergabungnya Josh Maguire, diharapkan lini tengah PSPS semakin solid. “Dia (Josh Maguire) sudah kita daftarkan ke PT Liga Indonesia tadi (Rabu kemarin). Dia sudah resmi bisa kita pakai,” kata Dityo.

Jorge Maqiure adalah satu di antara empat pemain Persebaya Surabaya yang dicoret di paruh musim kemarin. Pencoretannya terkait kurangnya kontribusi kepada tim. Karena itulah dia didepak dari skuad Bajul Ijo tersebut.

Perekrutan Josh Meguire ini dibenarkan juga oleh Pelatih Abdurahman Gurning. Katanya, Josh sudah lama diminta bergabung dengan PSPS sejak namanya dicoret dari skuad asal Jawa Timur tersebut.

Namun karena lambatnya keputusan resmi dari manajemen Persebaya, makanya PSPS belum berani memublikasikannya. “Makanya hanya kita pinjam pakai saja. Keputusan ini sudah deal dengan manajemen Persebaya. Tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Namun sayangnya, hingga Selasa malam (2/3) kemarin, pemain yang punya kecepatan dan skill bagus ini belum bergabung dengan pemain PSPS. Karena itulah, dia tidak bisa diturunkan pada laga melawan Persitara kemarin.

Baru Bisa Main di Pekanbaru

Selain tidak bisa turun menghadapi Persitara kemarin, untuk menghadapi Pelita Jaya 6 Maret mendatang, Josh Maguire juga belum bisa dipastikan turun.

Pelatih Abdurahman Gurning menilai, tidak mungkin Josh bisa menyatu dengan tim hanya dalam waktu tiga hari saja. Butuh waktu untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemain lainnya, agar sentuhan permainan seirama.

“Kita lihat nanti saja. Saya belum bisa pastikan. Sekarang saja belum nongol dia. Bagaimana saya bisa memastikan,” kata Gurning.

Gurning mengaku perekrutan Josh sempat menjadi pertimbangannya. Tapi dengan kondisi pemain PSPS sekarang, mau tidak mau harus direkrut. Bahkan dia menilai Josh Maguire sosok pemain yang punya segudang skill dan mumpuni. Di Persebaya, dia memang kurang menyatu dengan pemain lainnya, karena minimnya koordinasi. Spesialisasinya di sektor gelandang bertahan pun sesuai dengan yang diinginkan PSPS.

"Pemain gelandang bertahan kita hanya dua orang, Ade Suhendra dan Acong. Pasokan bola mereka ke atas juga masih kurang,” terangnya. Makanya Gurning berharap dengan masuknya Josh, maka pasokan bola ke lini depan bisa lebih sering dan pemain depan bisa membuahkan jadi gol.

Diprediksi pada laga kandang 10 Meret mendatang menjamu Persiwa Wamena, Josh Maguire sudah bisa diturunkan. Dengan bergabungnya Josh, saat ini skuad PSPS sudah berjumlah 25 pemain. [syafrudin/tribunpekanbaru]
Share on Google Plus

About 12paz