Share |

Timnas Menuju Australia Berbalut Lelah


Indonesia sudah gagal melangkah ke putaran final Piala Asia 2011. Namun, masih ada kewajiban yang harus ditunaikan skuad Merah Putih. Yakni menyelesaikan pertandingan sisa Pra-Piala Asia 2011 grup B kontra Australia pada 3 Maret nanti.

Rombongan timnas bertolak ke Australia tadi malam (26/2). Di antara 20 pemain yang dipangggil, satu orang yang tidak berangkat. Dia adalah Ricardo Salampessy dari Persipura Jayapura.

"Hanya Salampessy yang tidak ikut. Kami tidak tahu pasti alasannya. Yang kami dengar, dia kembali ke Jayapura setelah bermain di Jakarta," kata Chandra Solehan, asisten manajer timnas.

Soal tidak bergabungnya Salampessy, manajemen timnas menyerahkan masalah itu kepada PSSI. Menurut Chandra, hal terpenting saat ini ialah menjaga kondisi 19 pemain yang berangkat ke Australia. Mental mereka harus dikuatkan agar mampu bertanding dengan penuh semangat. Kendati laga tidak menentukan lagi.

Semangat Charis Yulianto dkk juga harus diangkat karena kondisi sebagian besar di antara mereka kini sangat lelah. "Hal itu (menjaga semangat tanding, Red) akan kami lakukan di Australia. Bagaimanapun, pertandingan ini tetap harus dijalani dengan serius," tutur Chandra.

Sebagian besar anggota timnas memang dilanda kelelahan. Seperti yang dialami enam pemain Merah Putih asal Sriwijaya FC Palembang. Yakni Charis, Ferry Rotinsulu, Isnan Ali, Christian Worabay, Ponaryo Astaman, dan Arif Suyono.

Mereka baru saja tiba di tanah air Kamis (25/2) setelah membela Sriwijaya FC di ajang AFC Cup melawan Victory SC (Maladewa). Selain itu, beberapa pemain baru saja merumput bersama tim masing-masing di pentas Indonesia Super League (ISL) tiga hari lalu. Misalnya Saktiawan Sinaga (Persik Kediri).

"Kami berharap, dengan pengertian-pengertian yang akan kami bangun, mereka bisa mengatasi kelelahan tersebut. Sehingga saat pertandingan nanti mereka bisa tetap fokus dan total," ucap Chandra. (fim/ca)

Skuad Indonesia

Kiper: Markus Haris Maulana, Ferry Rotinsulu

Belakang: Charis Yulianto, Maman Abdurahman, Nova Arianto, Isnan Ali, Christian Worabay, Ismed Sofyan, Muhammad Ridwan

Tengah: Ponaryo Astaman, Firman Utina, Syamsul Chaeruddin, Hariono, Eka Ramdani, Arif Suyono

Depan: Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, Saktiawan Sinaga, T.A. Musafri
Share on Google Plus

About 12paz