Share |

Pelita Jaya vs Persiba = 1-3 , Young Guns Terkapar




PELITA Jaya gagal meraih poin di laga perdana putaran II ISL 2011/2012. Mereka kalah 1-3 dari Persiba Balikpapan, di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Kamis (12/4).

Bermain sebagai tuan rumah, Pelita justru dipaksa bertahan pada menit-menit awal pertandingan. Bahkan, belum genap pertandingan berjalan 3 menit, The Young Guns hampir kebobolan lewat sepakkan keras Asri Akbar. Beruntung tendangan dari luar kotak penalti itu masih dapat ditepis kiper Pelita Sahar Ginanjar.

Seiring berjalannya waktu, Pelita mulai menguasai pertandingan yang berlangsung di Stadion Singaperbangsa, Karawang. Tiga penyerang yang diturunkan pelatih Rahmad 'RD' Darmawan pada pertandingan itu, Mohd Safee Sali, Jhonny van Beukering, dan Greg Nwokolo pun terus mengancam gawang Persiba yang dikawal I Made Wirawan.

Sial bagi Pelita. Terus menggempur pertahanan tim tamu, Pelita malah kebobolan. Sahar yang kurang sigap mengantisipasi back pass Firdaus Ramadhan pada menit 35, menghasilkan tendangan sudut bagi Persiba. Kesempatan itu pun dimaksimalkan Matsunaga Shohe untuk memberikan umpan matang ke depan mulut gawang Pelita.

Rachmat Latief yang bebas dari kawalan menyambar umpan itu dengan sundulan dan mengubah kedudukan jadi 1-0 untuk keunggulan Persiba.

Tertinggal, Persiba makin mengencangkan tempo permainan. Hasilnya, 2 menit setelah gol Rachmat, Pelita kembali kebobolan. Kali ini pelakunya adalah kapten tim Aldo Bareto.

Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Itulah nasib Pelita. Tertinggal 0-2, Pelita terpaksa menjalani sisa pertandingan dengan 10 pemain setelah Firdaus diganjar kartu merah di akhir babak I.

Memasukki babak II, guna mengisi posisi kosong yang ditinggal Firdaus, RD terpaksa mengurangi barisan depannya. Beukering ditarik, Erik Setiwan masuk.

Namun, hal itu tidak berarti mengurangi daya gempur lini depan Pelita yang diisi Safee dan Greg. Buktinya, 2 menit babak II berjalan, Greg mengakhiri kebuntuan Pelita. Sepakannya mengecoh Wirawan dan mengubah skor jadi 1-2.

Bukannya menyamakan kedudukan, Pelita malah dibuat makin terpuruk lewat gol Kenji Adasihara pada menit 84. Kedudukan 3-1 untuk kemenangan Persiba pun bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil itu, tak hanya kalah, Pelita juga disalip Persiba di tangga klasemen Indonesia Super League (ISL). Saat ini, Pelita tergeser ke posisi 9 dengan koleksi 24 poin dan Persiba naik ke posisi 8 dengan raihan 26 poin.

Pada pertandingan itu, tuan rumah kedatangan 2 tamu istimewa. Pertama, Forum Diskusi Suporter Sepakbola Indonesia (FDSSI) dan kedua Alfred Riedl, calon pelatih timnas senior.

FDSSI datang memberi dukungan atas sikap dan komitmen klub-klub ISL yang menolak ajakan rekonsiliasi Djohar Arifin Husin. Mereka menyampaikan dukungan itu dengan cara membentangkan spandung besar bertuliskan 'Menolak Rekonsiliasi dan Tetap Setia Bermain di ISL' sebelum laga dimulai pukul 15.30 WIB.

Sementara Riedl yang datang bersama Direktur Marketing Pelita Iman Arief dan mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes, mulai memantau kualitas pemain Indonesia yang bakal dipanggil memperkuat timnas senior.

Meski belum teken kontrak, namun Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti memang sudah memastikan kursi pelatih timnas senior yang disiapkan menghadapi Piala AFF 2012 di Malaysia-Thailand, bakal diduduki Riedl.

Kontrak Riedl sendiri baru akan dibahas pada rapat pengurus PSSI yang digelar di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (13/4).

Susunan pemain:

Pelita Jaya FC 12-Sahar; 27-Firdaus, 32-Victor, 5-Edi, 14-Ruben, 17-Joko (20-Feriansyah 90), 8-Egi (11-Dedi 88), 77-John Tarkpor, 7-Greg, 29-Beukering (45-Erik 46), 10-Safee Pelatih: Rahmad Darmawan

Persiba Balikpapan

15-Wirawan; 2-Dwi Joko (19-Iqbal Samad 35) (39-Herry Susilo 63), 77-Rachmat, 5-Absor (23-Bahtiar 66), 12-Supriyadi, 6-Asri, 8-Sembiring, 7-Guliien, 18-Matsunaga, 9-Kenji Adasihara, 17-Aldo Bareto Pelatih: Peter Butler
Share on Google Plus

About 12paz