NEXT MATCH

schedule|under construction |
Laga hidup mati bakal tersaji sore ini di Stadion Mandala yang terletak di tepian pantai dok 2, antara Persipura versus Kuwait SC. Persipura yang bermain di depan pendukungnya membutuhkan kemenangan dengan margin setidaknya dua gol atau lebih untuk bisa melaju ke babak semifinal AFC Cup (live Fox Sports pukul 15.30 WIT).
 Sekadar diketahui, agregat sementara Persipura tertinggal (3-2) untuk kemenangan tim Kuwait, dan sistem pertandingan yang digunakan knot-out home away, dimana Persipura hanya membutuhkan 1-0 untuk dapat lolos ke semifinal.
 Jika Persipura lolos ke babak semifinal, berarti sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia, karena Persipura salah satu tim yang mampu lolos ke babak semifinal. Karena sampai saat ini, belum ada tim Indonesia yang mampu melangkah ke babak Semifnal AFC Cup. Dan kalau sampai Persipura berhasil, ini merupakan era baru bagi sepakbola Indonesia dan khususnya di Papua.
 Pelatih Persipura Jacksen F.Tiago kemungkinan akan menurunkan strategi yang sama seperti yang digunakan dalam pertandingan leg pertama di Stadion Kuwait Sport Center (KFC) dengan menggunakan dua gelandang bertahan, dengan dua gelandang serang. Sementara dua striker didepan akan ditopang dengan dua wing bek Persipura yang memiliki ke
  Posisi bertahan masih milik Bio Pauline Piere dan Yohanis Tjoe. Persipura akan turun dengan formasi (4-2-2-2), nanti setelah menyerang atau bertahan formasi akan berubah tergantung kebutuhan tim.
 Tim Kuwait SC dibabak awal diprediksi akan bermain aman, dengan berdalil mempertahankan kemenangan. Dengan menggunakan 4 bek, 1 gelandang bertahan, 2 gelandang serang dan 2 striker dan satu penyerang lubang. Dan harus diantisipasi oleh pemain-pemain bertahan Persipura. Formasi yang digunakan (4-1-2-3), formasi ini kuat dalam menyerang dan bertahan dan dapat ditembus dengan serangan bertubi-tubi dari sayap dan tengah.
 “Saya mengatakan kepada pemain, yang paling penting adalah menjauhkan diri dari kesombongan dan ego, sebab faktor tuan rumah saja tidak cukup untuk kita menang,” tegas Jaksen, saat memberikan keterangan pers, di Stadion Mandala, Jayapura.
 Menurut Jacksen, usai pulang pertandingan dari Kuwait, ia bersama anak asuhnya telah menjalani sesi latihan bersama, termasuk melakukan evaluasi terhadap beberapa kelemahan saat kalah 2-3 dari Kuwait FC.
 “Kita saat ini melawan juara bertahan, sebab sudah tiga kali mereka juara di kompetesi  AFC. Kalau kita mau lolos, harus benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” kata Jacksen.
 Mantan pelatih Persiter itu juga menegaskan, jika Persipura memenangkan pertandingan besok (hari ini, red), maka akan menjadi sebuah sejarah besar bagi pecinta sepak bola di Indonesia, dan secara khusus di tanah Papua, sebab dapat mengalahkan juara bertahan.
 “Kita sudah membuktikan menang beberapa kali di Liga Indonesia, maka di tingkat AFC kita juga harus membuktikan itu, kita pelatih dan manajemen sudah melakukan evaluasi, dan menyarankan pemain agar mengeluarkan kemampuan terbaik mereka,” ujar Jacksen.
 Terkait kekalahan dalam pertandingan di Kuwait, mantan Pemain Persebaya Surabaya ini menyampaikan bahwa faktor kelelahan dan cuaca menjadi penyebab utama, apalagi pertandingan dilangsungkan pada malam hari.
 Tapi untuk pertandingan saat ini, lanjut Jacksen, anak-anak didiknya sudah sangat siap, apalagi lawan ada pada posisi yang kelelahan karena melakukan perjalanan yang cukup jauh, Jacksen menggangap itu sebagai keuntungan bagi anak-anak asuhnya.
“Cuaca disana waktu itu 44 derajat celcius, yang jadi perbedaan hanya jam saja, mereka biasa main jam delapan malam, tapi sekarang mereka main jam setengah empat. Ini keuntungan untuk kita. Tapi yang jelas, tim besar seperti mereka pasti sudah siap,”ujarnya.
 Jacksen berharap, evaluasi internal yang sudah dilakukan pelatih dan manajemen dapat membuahkan hasil yang menggembirakan bagi pecinta sepak bola di tanah Papua.
 “Namun saya menaruh rasa hormat kepada para pemain, karena mampu memberikan perlawanan kepada lawan saat menjadi tamu, kita juga harus memberikan apresiasi kepada para pemain, agar dapat menciptakan sejarah untuk kita,” ungkap pelatih yang telah sukses membawa Persipura Jayapura juara sebanyak tiga kali.
  Sementara itu pelatih Kuwait Sc Abdulaziz Hamada menilai pertandingan nanti akan sangat kuat, karena sama-sama ingin keluar sebagai pemenang.
"Kami akan diuntungkan karena dalam satu minggu ini kami hanya bermain dalam laga domestik 1 kali sehingga kondisi kita sangat baik.  Walaupun kami tahu, perjalanan selama 24 jam ini agak sedikit membuat kelelahan namun dengan istirahat yang baik mereka akan siap bertanding menghadapi Persipura," bebernya.
 Disinggung mengenai kelebihan tim lawan Persipura Jayapura? "Persipura memiliki kelebihan di kedua sayapnya yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Dan kedua sayap ini, sangat berbahaya sehingga kami akan menjaga dengan ketat," jawabnya.
 Target dalam pertandingan nanti? "Kami ingin lolos ke babak selanjutnya dan untuk itu kami akan berjuang 90 menit dalam lapangan," katanya.
 Selain itu untuk laga sendiri akan dilangsung di Stadion Mandala, menurut manajer Stadion Mandala Ir.Akmar P.Yusup,IAI bahwa stadion siap digunakan walaupun 17 Agustus dipakai untuk upacara Kemerdekaan.
 "Saya ditugaskan dengan Ketua umum bahwa lapangan harus di buat sebaik mungkin. Maka dari itu, kami merawatnya dengan pupuk dan vitamin yang baik dan hasilnya, pengawas pertandingan asal Singapura sangat puas dan dirinya saat meninjau tidak ada komentar dan dirinya mengatakan layak untuk digunakan," tambahnya.(yud/wen)


Pemain Persipura
1-Yoo Jae Hoon,45-Bio Pauline Piere,44-Yohanis Tjoe,21-Yustinus Pae,14-Ruben Sanadi,8-Lim Jun Sik,12-Nelson Alom,15-Gerald Pangkali,10-Robertino Pugliara,25-Boaz Solossa,86-Boaz Solossa

Pemain Kuwait Sc
1-Musab Alkandri,3-Fahad Awad,7-Fahad Al Enezi,8-Abdullah Al Buraiki,13-Chadi Hammami,15-Waleed Aly Huseen Jomah,17-Reza Ghoochannejhad Nournia,19-Rafael Bastos,18-Jarah Al Ateeqi,33-Fahad Homoud,37-Shereedah AlShereedah

Stadion: Mandala Jayapura, Indonesia
Wasit: Wang Di (China)
Kick Off: 15.30 WIT
cepatan yang sangat tinggi.

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn