Share |

Kalah 7-0 di AFC cup , Hadiah Ulang tahun Persibo Bojonegoro ke-64

Ulang tahun Persibo Bojonegoro ke-64 yang jatuh pada 14 Maret, mungkin menjadi ulang tahun paling kelabu. Bagaimana tidak, Persibo secara mengenaskan dibantai New Radiant 0-7 pada laga AFC Cup Gruf F di Stadion Manahan, Solo. Kado menyedihkan bagi klub berjuluk Laskar Angling Dharma.

Alih-alih ingin memanfaatkan status kandang untuk mendulang angka, yang terjadi malah pesta gol tim tamu. Persibo kalah segalanya dibanding klub asal Maladewa tersebut. Jangankan mencetak gol, menahan gempuran tim lawan pun Persibo tak sanggup.

Sebenarnya Persibo mampu memberikan perlawanan pada babak pertama kala New Radiant baru unggul 0-2 melalui Umair Muhammad (34) dan Ali Ashfaq (37). Paling tidak terlihat masih ada perlawanan dari tuan rumah walau terlihat jelas permainan sudah berat sebelah.

Babak kedua menjadi petaka bagi Persibo yang menurun drastis. Gol-gol tim tamu mengalir deras. Penyerang New Radiant Ali Ashfaq menjadi pemain paling bersinar setelah menambah koleksinya dengan empat gol di babak kedua, yakni menit 50, 57, 70 dan 80. Satu gol lagi diceploskan Ali Umar pada menit 66.
Sebelumnya sudah diprediksi Laskar Angling Dharma bakal kesulitan menghadapi tim arahan Velizar Popov. Namun tidak ada yang menyangka skor bisa sebesar itu, karena pada laga sebelumnya Persibo hanya kalah 3-0 dari Yangon United kala bertarung di Myanmar.

Persibo juga memulai laga dengan percaya diri walau secara postur sudah kelihatan ada perbedaan jauh di sana. Perbedaan fisik ini menjadi kendala besar dan memaksa Persibo bermain dengan pendekatan fisik. Hasilnya, gelandang Edy Gunawan diusir wasit pada menit 77 karena tackling kasarnya.

Dihubungi sesuai laga, Pelatih Persibo Gusnul Yakin tidak mampu berkomentar banyak. "Yang jelas kami kalah kualitas. Saya mohon maaf kalau hasil pertandingan ini sangat mengecewakan. Kami sudah berbuat sebaik mungkin, tapi lawan jauh lebih bagus," cetus Gusnul Yakin.

Ini kekalahan keempat Gusnul Yakin sejak menangani Persibo Bojonegoro. Sebelumnya Wahyu Teguh dkk juga dipecundangi Semen Padang, Yangon United, Perseman Manokwari, serta yang terakhir New Radiant. Kekalahan ini juga terancam memperburuk mental pemain.

Bagaimana pun juga, kekalahan itu masih lumrah jika mengingat pemain belum mendapatkan kontrak permanen hingga sekarang. Kini Persibo membayar mahal karut marutnya pengelolaan tim yang belum juga mempunyai penyandang dana untuk semusim ke depan.

Kembali ke laga AFC Cup, New Radiant terbukti cerdas memanfaatkan rapuhnya permainan Persibo. Kombinasi serangan sayap dan tengah, plus aksi individu pemain seperti Ali Ashfaq, membuat kerusakan parah di pertahanan Persibo. Hasil ini sekaligus menempatkan New Radiant sebagai pemuncak klasemen Grup F dengan enam angka, sementara Persibo mendengkur sebagai juru kunci.(dg)
Share on Google Plus

About 12paz