NEXT MATCH

schedule|under construction |
-Dua poin tandang berhasil ditorehkan tim Persiba Balikpapan mengawali musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013. Namun itu belum menjadi jaminan bagi skuad Beruang Madu- julukan Persiba- ketika mereka mengawali laga kandang perdana musim ini.
Demi menjaga reputasinya Persiba akan menghadapi ujian kandang perdananya atas Persegres Gresik, pada laga yang akan tersaji di Stadion Persiba Balikpapan Selasa (22/1) sore ini (Siaran langsung TV One ).
Jika menilik catatan dua saudaranya asal Benua Etam, Mitra Kukar dan Persisam Putra Samarinda telah membuktikan ketangguhan mereka di laga kandang perdananya dengan torehan kemenangan. Nah, apakah torehan tiga angka juga mampu diikuti Patrice Nzekou dan kawan-kawan di laga sore ini. Apalagi secara head to head musim lalu Persiba berada di atas angin unggul dengan dua kemenangan baik home maupun away.
Juru taktik Persiba, Herry Kiswanto tampaknya sudah memahami hal tersebut. Timnya memang terbilang sukses membuka dua laga tandang lalu, tapi tentunya tekanan akan berbeda ketika tim yang didominasi penggawa muda ini menghadapi laga perdana di hadapan publiknya sendiri.
“Memang berbeda, tim kami telah melalui laga tandang dengan hasil bagus. Menghadapi laga kandang pertama ini saya sudah tekankan semangat kepada semua pemain dan mereka siap, tapi tentunya itu kembali kepada pemain sendiri tinggal bagaimana mereka menjaga mental bertandingnya saja,” tegas Herkis-sapaan karibnya.
Herkis menegaskan kepada anak asuhnya untuk tidak terbebani menjamu Persegres. Sebagai tuan rumah kata Herkis timnya harus berani tampil lepas dan sudah tentu harus lebih ofensif ketimbang away lalu. “Apalagi saya selalu tekankan kepada semua pemain, semua pertandingan baik away maupun home adalah final. Jadi tak ada pilihan lain kecuali menang,” bilangnya.
Mengenai strategi menjamu Laskar Joko Samudro-julukan Persegres- yang secara kasat mata unggul materi pemain, pelatih kelahiran Aceh 25 April 1955 tersebut tak punya strategi khusus. Untuk meredam agresivitas Aldo Barreto Cs, kata Herkis adalah bermain menyerang dengan mengutamakan kolektivitas.
“Strategi khusus sudah pasti berbeda dengan laga tandang sebelumnya, bermain di kandang kami harus lebih menyerang karena pertahanan terbaik adalah menyerang,” bilang eks pelatih Persiraja Banda Aceh ini.
Urusan menyerang, Persiba tak ingin menyia-nyiakan peluang yang ada. Karenanya pula Mahmoud El Ali akan menjadi andalan lini depan tim kebanggaan masyarakat Balikpapan. Melihat perkembangan timnya, untuk menambah daya gedor timnya, Mahmoud kemungkinan besar akan kembali ditandemkan dengan Eki Nurhakim.
“Itu sudah pasti karena saya mencari pemain yang paling siap. Sebenarnya selain Eki juga ada Arif Kurniawan dan Johan Yoga, tapi karena Johan Yoga belum prima tentunya kami tak ingin beresiko, dan mereka yang siaplah kami mainkan,” tandas Herkis yang akan menerapkan skema 4-4-2 untuk mengatasi Persegres.
Sementara itu kubu Persegres tak dipungkiri oleh Suharno sang pelatih diuntungkan dengan keberadaan tiga penggawanya yang eks pilar Beruang Madu. Nama Aldo Barreto di lini depan Matsunaga Shohei winger dan gelandang Ahmad Sembiring menjadi kartu thruf Persegres untuk meredam tuan rumah.
“Pada intinya kami lebih siap dari dua laga sebelumnya dan kami terus lakukan evaluasi. Menghadapi Persiba, saya juga banyak masukan dari Aldo, jika tim ini selalu tampil penuh semangat di kandang,” tegas Suharno. Suharno sudah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi Persiba. Apalagi dalam beberapa laga sebelumnya Suharno sudah melihat kekuatan calon lawannya tersebut.
“Tapi saya pikir baik saya maupun Herry Kiswanto pasti sudah melihat kekuatan masing-masing. Persiba dengan materi banyak pemain muda tapi kolaborasi mereka dengan seniornya sepert Patrcie Nzekou sangat bagus, tapi kami kami kemari tetap ingin mendapatkan hasil maksimal,” tandas mantan pelatih Persiwa Wamena ini.(san)
Perkiraan Pemain
Persiba (4-4-2) : 59-Wawan hendrawan, 30-Anggi Indra, 4-Precious, 32-Absor Fauzi, 87-Yudi Khoerudin , 69-Fengky Turnando, 8-Habibi, 10- Patrice Nzekou, 21- Syakir Sulaiman, 24-Eki Nurhakim, 20-Mahmoud El Ali

Cad: 27-Yanuar Tri Firmanda (g), 11-Yus Arfandi, 3-Roy Budiansyah, 42-Gangga Mudana, 33-Rendy Siregar, 26-Bahtiar, 9-Arif Kurniawan.
Pelatih : Herry Kiswanto
Persegres Gresik (4-2-3-1) :77-Hery Prasetyo (g), 27-Khoirul Munif, 20-Park Chul Hyung, 55- Sasa Zecevic, 5-Ade Suhendra, 10-Gustavo Chena, 83-Ahmad Sembiring, 8-Dirga Lasut, 18-Shohei Matsunaga, 14-Rizky Novriansyah, 17-Aldo Barreto. 
Cad : 25-Agung Prasetyo (g), 3-Lan Bastian, 22-Supandi, 32- Indra Setiawan, 33-April Hadi, 11-Agus Indra, 88-Siswanto, 9-Gery Setya
Pelatih : Suharno

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn