Share |

Sriwijaya ditawari Striker Utama Vietnam di AFF 2012 , Le Cong Vinh

Berkali-kali tim pelatih Sriwijaya FC mencoret pemain asing Asia yang melakukan seleksi. Sikap tersebut sepertinya bakal berakhir, soalnya dalam waktu dekat akan kedatangan predator Vietnam, Le Cong Vinh. “Kita mendapatkan tawaran yang menggiurkan. Rencananya striker utama timnas Vietnam, Le Cong Vinh akan mengikuti seleksi di Sriwijaya FC,” kata Direktur Keuangan PT SOM Augie Bunyamin.
Le Cong Vinh tidak dapat dipungkiri saat ini merupakan striker terhebat di timnas Vietnam. Pemuda kelahiran 10 Desember 1985 ini telah memperkuat timnas Vietnam dari level junior hingga senior. Di timnas U-20 (2001-2003) telah mengemas 5 gol dari 9 pertandingan, kemudian timnas U-23 (2003-2007) mencetak 8 gol dari 10 laga. Dari tahun 2004-2012 memperkuat timnas senior 55 laga dan menyumbangkan 31 gol.
Sebagai pemain asli Vietnam, postur Cong Vinh terbilang biasa saja dengan tinggi 172 centimeter. Hanya saja pemain yang bernomor punggung 9 di timnas Vietnam ini memiliki kecepatan dan skill diatas rata-rata. Selain itu, kemampuan heading (sundulan) juga sangat baik.
Augie mengaku mendapat kejutan ketika mendapat tawaran tersebut. “Mudah-mudahan Cong Vinh segera datang. Dengan track record (catatan, Red) yang ada, kita cukup percaya dengan kualitas Cong Vinh,” tegasnya.
Hanya saja, pria berambut cepak ini tetap memberlakukan aturan sama bagi Cong Vinh dengan pemain-pemain asing yang seleksi sebelumnya. “Tetap harus seleksi. Keputusan sepenuhnya ditangan pelatih,” ucap Augie.
Saat ini Sriwijaya FC memang masih menyisakan satu kuota lowong untuk slot pemain asing Asia. Terakhir, striker asal Korea Han Sang Min dicoret usai mengikuti tiga laga babak grup A Inter Island Cup (IIC) 2012 lantaran dianggap kualitasnya kurang memadai.
Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi mengaku belum mengetahui adanya pemain asing yang akan seleksi di Sriwijaya FC. Sebagai pelatih, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Manajemen untuk mendatangkan pemain seleksi.
“Saya inginnya pemain asing terakhir tersebut kualitasnya luar biasa. Kalau masih sama dengan pemain lokal, lebih baik tidak usah,” imbuh Kas.
Pria asli Solo ini menegaskan kebutuhan pemain asing dalam timnya untuk mengisi posisi striker atau second striker. “Selain kualitas bagus, saya harus menyesuaikan karakter pemain tersebut dengan pemain lainnya. Jadi memang harus yang benar-benar cocok,” pungkasnya. (qy)
Share on Google Plus

About 12paz