Share |

Si Jhonny Pulang Sendirian , Nasib Naturalisasi Semakin Tidak Pasti

Timnas Piala AFF 2012 akhirnya kembali ke tanah air, kemarin (2/12) siang. Kegagalan lolos ke semifinal rupanya masih menyisakan  kesedihan di hati pemain. Raut sedih mereka masih terlihat saat keluar dari hotel Timnas.
Namun, kegagalan Timnas bukan berarti membuat mereka tak populer lagi. Saat berada di Bandara International  Kuala Lumpur, beberapa pemain Timnas, malah terlihat sibuk menerima permintaan foto dari penggemar yang kebetulan juga berada di bandara.
Mengenai masa depan, pemain-pemain Naturalisasi yang ditemuui sebelum pulang mengaku menunggu sikap dari PSSI. Selanjutya, mereka akan langsung kembali ke Belanda untuk menemui keluarga dan berlatih lagi bersama klubnya masing-masing.
Tonnie Cusell, mengaku akan beristirahat dulu dalam beberapa pekan. Apalagi, saat ini timnya di Belanda sedang libur kompetisi. Namun, dia menyebujt ada keinginan untuk bermain di kompetisi Indonesia.
“Saya senang dengan tim ini. Saya senang dengan pendukungnya, saya ingin bermain di Indonesia. jika ada klub yang menginginkan, kenapa tidak,’ ujarnya.
Hal yang sama juga diutarakan oleh Raphael. Dia mengakui jika ingin tampil di Indonesia. Hanya, melihat kompetisi yang masih belum berjalan dengan sehat akibat konflik, dia mungkin menunda untuk berkompetisi di Indonesia.
Dia menyebut ingin berkompetisi terlebih dahulu di liga-liga Asia. Sejauh ini, memang belum ada yang menghubunginya. Tapi, dia mendengar ada yang tertarik kepadanya. Untuk itu, dia akan melihat siapa yang menawari dan bagaimana kemungkinannya.
“Saya senang main di Indonesia. Saya pernah di Indonesia. Tapi, saya ingin bermain dahulu di Liga Asia, mungkin di Tiongkok atau di Timur Tengah. Saya dengar ada yang berminat dengan saya,” ucap pemain 29 tahun tersebut.
Sementara itu, Jhonny Van Beukering belum tampak dalam rombongan tim, kemarin.  Saat ditanya, salah seorng ofisial tim menyebut dia menggunakan pesawat berbeda. Namun, Jhonny mengaku bersiap untuk segera kembali ke Belanda untuk menyembuhkan cederanya.
“Malam ini (tadi malam, red) dia langsung ke Belanda,” ucap offisial yang tak mau namanya disebutkan  itu.
Ketiga pemain itu menurut Bob Hippy akan dipanggil kembali dalam waktu dekat untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia mulai Februari 2013 nanti. Namun, dia menyerahkan nasib pemain tersebut kepada pelatih, apakah akan tetap dipakai atau ada keputusan lain. (aam)
Share on Google Plus

About 12paz