Share |

MENPORA Mundur , Agung Laksono Jadi Pelaksana Tugas Menpora

- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menugaskan Menko Kesra Agung Laksono menjalankan tugas Menteri Pemuda dan Olahraga untuk sementara waktu.

"Untuk sementara saya menugasi Menko Kesra untuk menjalankan tugas pekerjaan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," ungkap SBY saat memberikan keterangan persnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Menkokesra akan menjabat "rangkap" tugas Menpora sampai Presiden SBY mengangkat pengganti devenitif Andi alfian Mallarangeng.

Keputusan ini diambil SBY usai menerima pengunduran diri Andi Mallarangeng dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga terhitung sejak Jumat (7/12/2012).

"Setalah mendengar seksama dan membaca, maka saya menerima dan menyetujui pengunduran diri itu. Saya simak dan baca betul alasan-alasan yang disampaikan,"  tegas SBY saat memberikan keterangan persnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Menurut keterangannya, pagi tadi Andi menghadap dan mengajukan pengunduran dirinya.

Adapun alasan Andi mundur dari posisi Menpora,  pertama tidak akan bisa efektif menjalankan tugas dengan dikenakannya pencegahan keluar negeri. "Saudara Andi Mallarangeng merasa tidak bisa menjalankan tugas secara efektif lagi," ujar SBY mengulang alasan Andi mundur.

Kedua, kata dia, dengan tidak efektif mengemban tugas sebagai Menpora, tentu akan menggangu kinerja Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Bahkan dia mengkhawatirkan itu akan menjadi beban bagi presiden dan kabinet.

Dan alasan terakhir,  Andi ingin berkonsentarasi menghadapi permasalahan atau tuntuan hukum yang akan dijalaninya.

"Sekaligus saya memberikan penghargaan serta penghormatan atas sikap yang diambil oleh saudara Andi Mallarangeng untuk mengundurkan diri dari Menpora terhitung mulai hari ini," kata SBY.

"Saya klira  contoh yang baik, atas tanggung jawab seseorang ketika menghadapi permasalahan hukum dan manakala masih tetap pada popsisinya dikhawatirkan justeru akan mengganggu pelaksanaan tugas Kempora dan jajaran kabinet," ungkap SBY mengapresiasi putusan Andi untuk mundur.
Share on Google Plus

About 12paz