Share |

FIFA: Penundaan Sanksi, Toleransi Terakhir Buat Indonesia !!!

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) tidak akan memberikan toleransi kembali kepada Indonesia, penundaan sanksi yang ketiga kalinya ini merupakan yang terakhir bagi PSSI untuk menyelesaikan konflik dualisme Federasi dan kompetisi yang hingga kini belum tuntas.
Seperti diketahui FIFA telah memberikan tiga kali tolerasnsi untuk menunda sanksi kepada Indonesia terkait polemik dualisme di sepakbola Indonesia. Pertama, penundaan sanksi dilakukan pada Maret 2012 hingga 15 Juni 2012. Kedua, kembali diundur hingga 10 Desember 2012. Dan ketiga kalinya, Jumat (14/12) kemarin kembali memberikan toleransi hingga 30 Marret 2013.
”Polemik di sepakbola Indonesia kembali akan didiskusikan oleh Komite Asosiasi dan Komite Eksekutif FIFA pada rapat selanjutnya. Ini adalah batas waktu yang terakhir terhadap Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) agar segera betul-betul menormalkan kembali situasi. Bila tidak, sudah tidak ada lagi toleransi,” demikian disebutkan dalam situs resmi FIFA.
Selain itu, FIFA juga telah mencatat, PSSI sendiri telah mengajukan roadmap program penyelesaian konflik untuk tiga bulan ke depan. Dan FIFA meminta PSSI untuk menjalankan program yang telah diajukan secara baik dan segera menyelesaikan permasalahannya yang ada hingga Maret 2013.
Dengan adanya penundaan sanksi yang ketiga kalinya ini, maka FIFA berharap, Indonesia dapat menyelesaikan konflik antara PSSI dengan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI).
Keputusan positif FIFA bagi Indonesia tersebut, disambut gembira, baik oleh Tim Task Force (Tim Gugus Tugas) bentukan Pemerintah, PSSI, ataupun KPSI. ”Kami sangat menyambut baik keputusan FIFA tersebut. Dan kini yang terpenting adalah Pemerintah segera menengahi permasalahan dualisme ini sesuai dengan surat FIFA, ”ungkap Ketua Umum PSSI hasil KLB Ancol, La Nyalla Mattalitti.
Pernyataan senada juga diungkapkan Sekjen PSSI, Halim Mahfudz yang ikut memantau sidang Komite Eksekutif FIFA di Jepang, Jumat (14/12) kemarin. ”Kami sangat bersyukur FIFA menunda sanksi kepada Indonesia dan ini semua berkat doa seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.(hp)
Share on Google Plus

About 12paz