Share |

Bersedia Mundur , Habil Marati : Timnas Butuh Pelatih yang Lebih berkualitas dari Nil Maizar

Manajer Tim Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2012, Habil Marati mengaku telah memetik pelajaran berharga dari kegagalan Indonesia melaju ke babak semifinal. Habil menilai pasukan Garuda membutuhkan sosok pelatih yang lebih berpengalaman.

Indonesia dipaksa pulang lebih awal setelah di laga terakhir Grup B menyerah 0-2 atas tuan rumah Malaysia. Dengan hasil ini, tim Merah Putih hanya mampu berada di urutan ketiga dengan koleksi 4 poin.

Habil saat ditemui wartawan, Senin, 3 Desember 2012 mengatakan kalau pasukannya masih memiliki banyak kelemahan. Mulai dari minimnya waktu persiapan dan kapasitas staf yang menangani timnas.

"Kami membutuhkan ofisial prima dengan kapasitas yang tepat. Serta membutuhkan pelatih berpengalaman," ujar Habil. Menurut Habil, pelatih menjadi salah satu faktor kunci yang memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah tim. Baginya, pelatih  harus memiliki wawasan luas serta memiliki pengalaman di laga internasional.

"Namun, bukan berarti Nil Maizar tidak memenuhi kualifikasi. Dia telah memberikan permainan optimal buat tim," ungkap Habil.
Sebelum melatih timnas, Nil adalah pelatih Semen Padang senior sejak 2010. Karir kepelatihannya dimulai di tim Semen Padang U-21 tahun 2000. Empat tahun kemudian ia menjadi asisten pelatih Semen Padang Senior..

"Ke depannya, kami harus memilih pemain dengan persiapan yang matang dan tidak mepet. Ini pembelajaran berharga buat Timnas Indonesia," sambung Habil saat ditemui di kantor PSSI.

Bersedia Lengser
Pada kesempatan yang sama, Habil juga menegaskan kalau dirinya bersedia dicopot dari jabatannya bila dianggap tidak memenuhi kualifikasi. "Saya siap. Namun, sejauh ini belum ada keputusan dari PSSI. Saya menyerahkan semua keputusan kepada PSSI."

Menurut Habil, sebagai manajer dirinya telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya, dirinya akan fokus untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia 2015.

"Kami akan berusaha memenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan untuk tampil di turnamen tersebut, apakah itu pemain, pelatih dan ofisialnya," ujar mantan politisi Partai PPP tersebut. (ibk)
Share on Google Plus

About 12paz