Share |

Teerasil Dangda Terdepan untuk Sabet Top Score AFF 2012

Performa striker di Piala AFF terus menggeliat. Setelah memasuki match day kedua kemarin (28/11), ketajaman para bomber negara kontestan mulai bisa dipetakan. Nama penyerang Thailand Teerasil Dangda sejauh ini masih menjadi yang teratas dengan tiga gol. Dangda yang mencetak hattrick pada laga melawan Myanmar Selasa (27/11) dijagokan akan tampil sebagai striker tersubur di Piala AFF ini.
  Kualitas pemain klub Muangthong United itu tak lagi diragukan. Dangda memiliki sepakan kaki kanan dan kiri yang sama kuat.
 Pelatih Thailand Winfried Schaefer memuji Teerasil adalah yang terbaik di turnamen dua tahunan ini. "Sejauh ini, Teerasil membuktikan kapasitasnya. Dia layak dimasukkan dalam nama barisan penyerang terbaik di Asia ini. Saya tak meragukan itu," tutur Schaefer.
 Sejak bergabung dengan tim Gajah Putih, julukan Thailand, 2007 lalu, Teerasil mencetak 26 gol dari 50 kali penampilan. Di Piala AFF ini, Teerasil baru dua kali berpartisipasi. Yakni 2008 lalu dengan empat gol. Namun di 2010 absen karena cedera lutut.
  "Teerasil berhasil melakukan comeback yang hebat. Setelah cedera dan absen di Piala AFF dua tahun lalu, dia kembali tahun ini dan membuktikan kualitasnya. Saya yakin gol Teerasil akan bertambah lagi," puji Schaefer lagi.
 Pesaing Teerasil ada nama Shahril Ishak. Pemain asal Singapura sudah mencetak dua gol. Dua gol mantan pemain Persib Bandung itu dicetak ke gawang Malaysia Minggu (25/11) lalu. Di Piala AFF ini, Shahril berpartisipasi sejak edisi 2004. Di 2004 lalu, di partai semifinal lawan Myanmar Shahril mencetak satu gol. Lalu di 2007, ketika Singapura pesta gol 11-0 ke gawang Laos, Shahril menyumbang satu gol.
 "Saya tak pernah menyangka akan mencetak dua gol lawan Malaysia lalu. Gol memang penting, namun yang terpenting kami menang atas Malaysia," sebut pemain berusia 28 tahun itu.
 Di kubu Vietnam, Le Cong Vinh menjadi nama yang digadang-gadang menjadi top skor. Sayang hingga pertandingan kedua Cong Vinh belum mencetak sebiji gol pun. Apalagi posisi Vietnam kini sedang kritis. Dari dua kali laga, Vietnam baru mengemas satu poin. Hasil imbang lawan Myanmar dan kalah atas Filipina.
 Di sisi lain, jangan lupakan nama top skor Piala AFF musim lalu. Mohd.Safee Sali. Dengan lima gol yang dihasilkan dua tahun lalu, Safee Sali siap mengulang kisah indah tahun ini. *(ann)
Share on Google Plus

About 12paz