Share |

Jokowi: Madrid dan Barcelona Punya Stadion, apalagi Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan membangun stadion bagi klub bola kebanggan Jakarta, Persija. Menurutnya, sudah sepantasnya klub memiliki stadion, seperti di negara lain.


Stadion untuk klub sepak bola, menurut Jokowi, pantas dimiliki Jakarta. Hal itu akan menjadi stadion kebanggaan untuk warga Jakarta juga.


"Ya, penting, dong. Masak kota punya klub, tetapi enggak punya stadion. Di negara mana pun, enggak di Madrid, Barcelona, di Jerman, semua kota punya stadion, apalagi di Jakarta," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (23/10/2012).


Meski begitu, apa pun yang direncanakan, tetap perlu berbagai macam persiapan. Termasuk soal pembiayaan.

Jokowi mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang menggodok mengenai pembiayaan pengadaan stadion. Sebab, semuanya memang perlu dikaji terlebih dulu sebelum dieksekusi.

"Enggak tahu, saya juga masih mau minta kalau angka segitu dapat apa. Fasilitasnya apa saya harus tahu semua," kata Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga sudah mengungkapkan rencana Gubernur Jakarta membuatkan sebuah stadion sebagai kandang Persija.


"Beliau ingin ada rumahnyalah Persija itu. Kan, kita mau bicarakan mana yang lebih tepat dan mau bangun di mana," ujar pria yang akrab disapa Ahok itu.

Saat ditanyakan terkait anggaran pengadaan stadion, yang menurut kabar mencapai Rp 1,5 triliun, Basuki masih mempertimbangkan untuk dapat lebih diefisiensikan lagi.


"Kalau menurut perintah Gubernur itu, kita harus menghemat-hemat dana," kata Basuki.(mat)
Share on Google Plus

About 12paz