Share |

Uji Coba Timnas PSSI vs Thailand di Bangkok Diundur


Jadwal pertandingan uji coba timnas senior Indonesia melawan Thailand di Bangkok kemungkinan besar mundur dari Sabtu (29/9) menjadi 4 Oktober.


Rencana mengundurkan laga persahabatan antara timGarudadengan Team Thaidiungkapkan koordinator timnas Indonesia Bob Hippy .Sebab, menurut Bob,saat ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang mengurus semua hal yang berkaitan dengan pertandingan sarat gengsi antara Indonesia melawan Thailand itu.

”Semuanya sudah diurus Sekjen PSSI. Kami hanya ingin timnas terus mendapatkan lawan-lawan uji coba demi meningkatkan kualitas tim,”ujar Bob saat dihubungi,kemarin. Timnas perlu melakukan berbagai macam pertandingan uji coba karena Piala AFF 2012 semakin dekat.Dengan turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara yang digelar pada pertengahan November,maka praktis tidak banyak waktu tersisa bagi timnas untuk mempersiapkan diri.Apalagi, hingga sejauh ini,performa Samsul Arif dkk belum meyakinkan.

September ini misalnya,sudah ada dua partai uji coba yang dijalani.Pertama,saat timnas dipaksa menyerah dua gol tanpa balas oleh Korea Utara (Korut) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta,Senin (10/9).Sementara uji coba teranyar yang dijalani,yaitu saat bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (15/9).Dari dua laga itu,belum ada yang bisa dibanggakan.Jangankan meraih kemenangan,mencetak gol pun sulit dilakukan. Namun,jika dilihat dari jarak uji coba yang akan dilewati skuad asuhan Nil Maizar itu,agenda yang ada terasa cukup padat.

Beberapa uji coba pun akan terasa semakin melelahkan.Pasalnya,tiga laga persahabatan ke depan akan dimainkan di luar negeri.Selain menguras tenaga para pemain di lapangan,perjalanan jauh juga membutuhkan tenaga ekstra. ”Saya rasa tidak terlalu padat juga. Kondisi pemain bisa kembali normal dalam dua atau tiga hari saja.Jadwal uji coba yang padat justru bagus.Ini akan menjadi gambaran bagaimana ketatnya bermain di Piala AFF (di Malaysia),”tutur Bob.

Apa yang disampaikan salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut ternyata juga diamini Asisten Pelatih Timnas Fabio Oliveira.Menurut pria berkebangsaan Brasil itu,jadwal Piala AFF juga dipastikan akan berlangsung padat. Jika melihat pengalaman sebelumnya, waktu pemain beristirahat kemungkinan hanya dua sampai tiga hari saja. ”Jadwal yang padat juga ada di Piala AFF.Jadi,ini akan menjadi gambaran pelatih bagaimana kondisi pemain sebenarnya.Apakah mereka bisa cepat melakukan recoveryatau tidak,”tutur Fabio.

Lebih lanjut,Fabio menyatakan,tidak hanya memperlihatkan kondisi fisik, padatnya laga uji coba juga akan dimanfaatkan untuk melihat kualitas pemain yang selama ini jarang diberi kesempatan bermain.Kondisi ini tentu sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi padatnya jadwal Piala AFF. Sistem rotasi juga akan menjadi satu pilihan.Fabio menyatakan,jika pemainpemain yang ada saat ini tidak bisa menunjukkan peningkatan performa, bukan tidak mungkin akan ada sosok-sosok baru.

”Banyaknya uji coba menjadi parameter pemain-pemain yang jarang diturunkan.Namun,jika pemain-pemain tersebut tidak bisa mengisi posisi-posisi yang diinginkan,tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan pemain baru,”tandas Fabio. ● decky
Share on Google Plus

About 12paz