Share |

Jokowi Janjikan Stadion Baru Untuk Persija

JOKO Widodo, Gubernur DKI 2012-2016, juga peduli olahraga. Buat Persija Jakarta, idola segenap rakyat itu janjikan punya stadion sendiri.
Klub kebanggaan ibukota itu kini memang tak lagi punya stadion sehingga sering berpindah-pindah saat menjamu lawan. Bila tidak bermain di Stadion Lebak Bulus, tim Macan Kemayoran menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
Bila melakoni laga home usiran di kompetisi Indonesia Super League (ISL), Persija harus berpindah-pindah. Beberapa kali main di Solo, lalu pindah lagi ke stadion lain. Keakraban dengan suporter Solo, Pasoepati, ikut mempengaruhi keputusan Persija untuk menggunakan Stadion Manahan.
Jokowi, sapaan Joko Widodo, Walikoto Solo yang 20 September 2012 bersama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) memenangi putaran II Pilgub DKI Jakarta, tunjukkan kepedualiannya.
Jokowi berjanji Persija akan punya stadion sendiri. Sebagai gubernur yang sudah pasti jadi pembina Persija, ia memang sepatutnya memberi perhatian kepada tim Macan Kemayoran. Langkah pertama, Jokowi merencanakan pembangunan stadion berstandar internasional sebagai homebase Persija.
“Saya ingin Persija punya stadion sendiri. Biayanya diperkirakan Rp 1,2 triliun. Hitung-hitungan angka itu dari yang di Jakarta. Itu akan jadi stadion berstandar internasional kebanggaan ibukota,” ungkap Jokowi.
Stadion itu tidak hanya menyediakan fasilitas buat kegiatan olahraga, khususnya sepakbola. Menurut Jokowi, stadion itu jadi bagian dari perluasan ruang terbuka. Dengan begitu, pembangunannya tetap memperhatikan aspek lingkungan dan tidak mengurangi lahan ruang terbuka yang dibutuhkan masyarakat Jakarta.
“Rencananya, kami tetap menyediakan ruang terbuka sebagai perluasannya,” tambah Jokowi.
Gagasan membangun stadion buat Persija sesungguhnya mulai diwacanakan saat Jokowi menyambut Jakmania pada laga usiran Persija di Manahan. Jokowi yang mempersiapkan pencalonannya sebagai Gubernur DKI menampung aspirasi suporter yang ingin punya stadion sendiri.
Bahkan, mereka menyatakan ada lahan yang siap digunakan buat pembangunan stadion. Karena sudah ada lahan, Jokowi langsung merespon dan siap menindaklanjutinya.
ste/01
Share on Google Plus

About 12paz