Share |

Gak Punya Uang , PSIM-PSS Pengen Merger

Manajemen PSIM Yogyakarta angkat tangan. Mereka tak sanggup lagi mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan finansial klub. Wacana merger dengan tetangga sebelah, PSS Sleman pun dilempar ke publik.

Direktur Media PSIM, Ajiek Tarmidzi mengungkapkan, iklim sepakbola DIY tidak cukup kondusif di mata calon sponsor. Sebab, di daerah ini terdapat tiga klub besar yang bermain di dua level kompetisi berbeda. Persiba Bantul di IPL, PSS dan PSIM di kompetisi kasta kedua.

Kondisi ini membuat dukungan publik Kota Pendidikan terpecah tiga. Perpecahan ini pun kerap menimbulkan gesekan yang sulit dihindarkan. Melalui merger diharapkan persoalan ini dapat teratasi. "Kami ingin sepakbola DIY kondusif di mata sponsor," kata Ajiek, Minggu (23/9/2012).

Menurut Ajiek, Elang Jawa, julukan PSS menjadi pilihan paling realistis untuk merger. Sebab, mengajak Persiba akan sulit terealisasi karena kasta yang berbeda. Di sisi lain, PSIM dan PSS menghadapi problem yang sama yaitu kesulitan finansial.

"PSIM dan PSS berada di kasta yang sama, Divisi Utama. Walau pun PSS versi PT LPIS sementara PSIM ikut PT LI. Tapi untuk merger tetap terbuka. Sedangkan dengan Persiba sepertinya sulit. Kita tidak yakin mereka yang sudah di kasta teratas mau gabung," tegasnya.

Dia menambahkan, menggabungkan dua tim dengan basis pendukung fanatik tidak akan mudah dilakukan. Namun dengan dukungan komitmen semua pihak, dia yakin tidak ada yang mustahil. "Wacana ini sudah disampaikan kepada sesepuh kedua klub, dan sambutan mereka cukup positif," tambahnya.

Anggota Dewan Pembina PSIM Tri Agus Heryono mendukung wacana ini. Menurut dia, pengesahan UU Keistimewaan DIY menjadi momentum bagus untuk menyatukan klub sepakbola di daerah ini.

"Setelah keistimewaan DIY tak dapat diganggu gugat, sepakbola daerah ini pun juga harus istimewa. Tidak perlu Ada nama baru. Cukup asal-usul PSIM sebagai representasi sepakbola DIY dikembalikan. Lagipula dulu PSS, Persiba kan anggota PSIM," pungkasnya.

(wbs)
Share on Google Plus

About 12paz