Share |

Dianggap Ilegal , Inilah Alasan Mitra Kukar Bisa Mainkan Esteban Herrera


ESTEBAN Herrera resmi jadi pemain Mitra Kukar di luar batas waktu pendaftaran pemain baru ISL. Toh, faktanya, Kukar bisa memainkannya. Alasannya?

Kukar kehilangan Obric di tengah putaran II Indonesia Super League (ISL) 2011/2012 bergulir. Cedera pemain Serbia itu divonis tidak akan pulih setidaknya sampai musim ini berakhir. Kondisi itu membuat Kukar dan Obric sepakat mengakhiri ikatan kontrak kerja mereka (10/6).

Kehilangan Obric, manajemen Kukar langsung berburu penggantinya. Herrera, pemain jebolan Boca Junior dan Argentina U-20, pun didatangkan. Dan, pemain kelahiran Villa Constitucion, 9 Maret 1981, itu langsung diturunkan kala Kukar menjamu Persija Jakarta, Sabtu (16/6).

Bahkan, pada debutnya itu, Herrera langsung buktikan kualitasnya dengan gol di menit 15 dan 54.

Pertanyaan pun muncul: bisakah sebuah klub mendatangkan pemain baru di luar batas pendaftaraan pemain baru dan bisa langsung memainkannya?

Memang, dalam Manual Liga Indonesia E-9 dan E-10 soal Pendaftaraan Pemain disebutkan masa pendaftaraan pemain untuk putaran I dimulai 1 pekan setelah kompetisi sebelumnya berakhir dan berakhir 2 pekan setelah putaran I dimulai atau jika ditentukan lain PT Liga Indonesia (LI).

Dan, masa pendaftaraan pemain untuk putaran II dimulai 2 pekan sebelum putaran I berakhir dan berakhir 2 pekan setelah putaran II dimulai atau jika ditentukan lain PT LI (LI).

Namun, khusus kasus Herrera, mengapa Kukar bisa langsung memainkannya, padahal ia didaftarakan di luar masa pendaftaraan pemain baru? Manual Liga Indonesia E-10 soal Pendaftaraan Pemain poin 10 menjawabnya.

"Pergantian pemain pada daftar pemain di luar masa pendaftaraan tidak dapat dilakukan kecuali pemain yang bersangkutan cedera permanen terhitung hingga musim kompetisi berakhir dengan melampirkan bukti medis yang kredebilitasnya diakui PT LI." Begitu bunyi Manual Liga Indonesia E-10 poin 10.

Dan, seperti telah disebutkan, Herrera memang didatangkan Kukar untuk mengganti slot kosong yang ditinggal Obric.

Selain Herrera, kabarnya manajemen Kukar juga mendatangkan pemain asing baru untuk gantikan Kevin Olivieira yang bernasib sama dengan Obric. Anderson da Silva adalah pemain yang dimaksud menggantikan Olivieira.

ksb
Share on Google Plus

About 12paz